Tebing Tinggi, 13/12(Antarasumut)- Upacara Peringatan Hari Bersejarah Peristiwa 13 Desember 45 diperingati di lap. Merdeka dengan inspektur upacara Dandim 0204-DS Letkol.Arm. Asep Hendra Budiana dan dihadiri Walikota H. Umar Zunaidi Hasibuan bersama unsur FKPD

Sebelum pelaksanaan upacara dilapangan Merdeka dilangsungkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan Titi Gantung Jl. F. Tandean salah satu tempat pembantaian oleh tentara Jepang pada peristiwa 13 Desember 1945. dan peletakan karangan bunga di tugu perjuangan 13 Desember.

Selain ziarah peringatan peristiwa bersejarah digelar drama klosal yang dilakoni oleh para pelajar SMPN 8 berjudul tetes dan air mata, yang mengkisahkan tentang kekejaman tentara Jepang saat peristiwa 13 Desember 1945 terhadap pemuda-pemuda Tebing Tinggi

Dalam upacara tersebut Inspektur Upacara Letkol.Arm Asep Hendra Budiana membacakan amanat Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan antara lain Peringatan ini bukanlah sekedar acara serimonial belaka, tetapi ada banyak makna terkadang dalam sejarah 13 Desember ini.

Diantaranya adalah rasa persatuan dan kesatuan yang dimiliki para pejuang kita terdahulu yang tergerus oleh kondisi jaman dan ini layak diwarisi oleh generasi sekarang yang mudah terpecah belah karena hanya persoalan sepele.

Bagian lainnya adalah pengorbanan yang dilakukan para pahlawan terdahulu yang dilakukan tampa pamrih, dikondisi saat segala sesuatunya dihitung dengan materi.

Untuk itu dengan momentum peringatan 13 Desember ini mari kita jaga dan lestarikan perastuan dan kesatuan serta pengorban untuk membangun Kota Tebing Tinggi dimasa mendatang lebih maju lagi, meningkatkan kesejateraan warga Tebing Tinggi.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Tebing Tinggi menyampaikan apresiasi kepda donatur yang telah memberikan bantuan untuk para korban banjir Tebing Tinggi yang terjadi (2/12) lalu.

Ini merupakan suatu wujud kebesamaan, gotong royong kita, yang merupakan salah satu sikap yang diwariskan oleh para pejuang terdahulu, dan patut untuk kita abadikan sepanjang masa.

Dalam acara peringatan tersebut diisi dengan penyaluran bantuan untuk para korban banjir berupa paket sembako, Baju, Kain Sarung di masing-masing kecamatan dan bantuan untuk sekolah beruapa tas sekolah dan buku.

Juga saat yang sama dilauncingnya Aplikasi untuk penyampaian pendapat dan pengaduan bagi warga Tebing Tinggi melalui www.laporsiumar.tebingtinggikota.go.id, ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Tebing Tinggi.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017