Medan, 22/11 (Antarasumut) -  Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi menganjurkan agar bangsa harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari. Hal tersebut disampaikan Edy Rahmayadi saat menjadi pembicara utama (Keynote Speaker) kepada para peserta acara Rembuk Ideologi yang bertema  â€˜Pancasila Selamanya’ di Medan Club Jalan Kartini , Rabu (22/11/2017), pagi.


“Pancasila itu bukan hanya wacana yang cuma bisa dihafalkan, namun Pancasila itu harus kita implementasikan pada kehidupan kita sehari-hari,” buka Edy .


Pada kesempatan itu Edy menekankan sendi-sendi kehidupan bangsa harus diisi dengan dasar negara, ada 4 pilar kebangsaan yaitu Bhineka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Pancasila.

“Rujukan kita itu harusnya Pancasila, mau dibawa kemana bangsa kalau tidak dibawa kembali kepada Pancasila,” tukas Edy dalam acara yang digagas oleh Organisasi Angkatan ‘66 itu.


Diakhir pembicaraannya, Edy berpesan kepada generasi muda agar selalu menjaga nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari kejahatan.


“Kehidupan akan lebih baik apabila kita menjaga nilai kebangsaan dalam kehidupan, kalian akan terhindar dari perbuatan yang tidak baik,” tutup Edy.

Acara Rembuk Ideologi ini dihadiri oleh anggota Angkatan ‘66 dari seluruh Sumatera Utara. Angkatan ‘66 merupakan pelaku sejarah Indonesia yang menyaksikan langsung kejadian tahun 1966.


“Kami generasi yang menyaksikan langsung kejadian sekitar 1966, kami harap generasi muda dapat terus menjaga semangat Pancasila yang kami perjuangkan. Besar harapan kami kepada Pak Edy yang berlatarbelakang militer untuk terus mengawal Pancasila,” ungkap Poniman salah satu peserta.


Selain dihadiri  oleh anggota Angkatan '66, acar Rembuk Ideologi ini juga dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari pelajar, dan pemuda di Kota Medan. Sebagai bentuk komitmen Angkatan ‘66 untuk menjaga Pancasila yang dulu telah mereka perjuangkan.


“Angkatan ‘66 merupakan orang-orang yang berjuang pada tahun 1966, jadi kami semua adalah pelaku sejarah. Tujuan kami untuk menjaga semangat Pancasila, karena Pancasila dan NKRI merupakan harga mati dan kami butuh sosok yang tegas seperti Edy Rahmayadi untuk menjaganya,” Kata Ben Sukma ketua panitia. ()

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017