Sipirok,13/11(Antarasumut)-Pemkab Tapanuli Selatan-Smilingkids Foundation (SF) Medan tandatangani nota kesepakatan atau "MoU" terkait deteksi dini kanker pada anak.

Kedua pihak antara Pemkab (RSUD) Tapsel - SF Medan melakukan "MoU", Sabtu, di Kantor Bupati Tapanuli Selatan, di Dano Situmba, Sipirok, disaksikan langsung Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu.

Langkah ini sebagai usaha kerjasama pemanfatan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki kedua pihak, upaya menanggulangi serta mendeteksi dini kanker khususnya pada anak kurang mampu.

Melalui dokter-dokter, Pemkab Tapsel sepakat akan membangun jaringan operasional deteksi dan gejala awal kanker melibatkan instrumen di Puskesmas diseluruh 14 wilayah kecamatan di daerah itu.

Sementara SF Medan berkewajiban memberikan bantuan rumah singgah dan bantuan pendampingan maupun fasilitas penunjang lainnya, diluar fasilitas BPJS sesuai kemampuan.

Kerjasama ini berlaku dua tahun semenjak ditandatanganinya MoU, dan bisa diperpanjang untuk jangka waktu tertentu sesuai kesepakan.

Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu meminta agar MoU itu  jangan hanya sebatas ditandatangani, tetapi harus benar benar dilakoni dan ditindak lanjuti.

"Sehingga kerjasama ini benar-benar memberi menfaat bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat," tegasnya.

Apalagi tambahnya, kerjasama itu merupakan bagian dari upaya mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Selain mengapresiasi, kepada Smilimgkids Foundation Bupati berharap agar komitmen kerjasama ini betul-betul berjalan demi peningkatan kesehatan masyarakat (Tapsel bebas kanker).

Kepada para dokter (Pejabat Dinas Kesehatan), Bupati Syahrul berharap MoU tersebut dapat  memberi dampak yang luas dalam memahami deteksi dini kanker khususnya pada anak Tapsel.

Turut hadir dan membubuhkan tandatangan di MoU tersebut Kepala UPTD RSUD Tapanuli Selatan dr Meina Basyariah dan Ketua Yayasan Smilingkids Foundation Jenny, saksi Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu, Plt Kadis Kesehatan Marasaud. 

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017