Rantauprapat, 26/10 (Antarasumut) - Penutupan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang digelar di Desa Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu berlangsung meriah di Stadion Binaraga Rantauprapat, Kamis.

Penutupan TMMD ke-100 bersama masyarakat ini, mengelar bhakti sosial, hiburan rakyat, atraksi drum band dari Kodam Bukit Barisan, aksi para layang berlangsung sukses di hadiri Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Bupati Labura Kharuddin Syah, Sitorus, Wakil Bupati Labusel Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhori, Wakapolres Kompol Tris L Zeviansyah dan sejumlah perwira dari Danrem 022/ PT.

Inspektorat Jendral Angkatan Darat (Irjenad) Mayjen. TNI Johny L Tobing yang menjadi inspektur upacara (irup) penutupan TMMD ke 100 di Labuhanbatu membacakan amanat Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, mengatakan, TNI baru memperingati HUT ke 72, momentum itu tergambar jelas kedekatan TNI dengan rakyat.

Dari hasil survey media massa pada Oktober 2017 TNI menempati posisi tertinggi sebagai institusi yang dipercayai rakyat. Tingkat kepercayaan publik mencapai 94 persen. "Terimakasih kepada masyarakat atas doa restu sehingga pelaksanaan HUT TNI dapat berjalan lancar," ujar KASAD.

Tingginya kepercayaan rakyat kepada TNI mengindikasikan kedekatan dan kemanunggalan TNI dan rakyat semakin baik. Secara fisik, TMMD ke 100 diselenggarakan 27 September - 26 Oktober 2017 telah menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur seperti pembangunan, rehabilitasi, pengerasan, peningkatan badan jalan. 

Pembangunan dan renovasi rumah ibadah, sekolah dan rumah tidak layak huni serta pembangunan saranan sanitasi yang dibutuhkan masyarakat. "Bagi TNI, hal ini modal utama dalam pembangunan inti kekuatan pertahanan negara yang bersifat semesta," katanya.

Ketua DPRD Labuhanbatu Dahlan Bukhori mengatakan pelaksanaan TMMD ke 100 sesuai nawacita Presiden RI Joko Widodo.

Pembangunan dari pinggiran tentu bertujuan agar terjadi percepatan pembangunan, khususnya wilayah terisolir. Sehinhga bisa lebih meningkatkan derajat prekonomian masyarakat.

Dia memaparkan, melihat banyaknya rangkaian kegiatan TMMD, tentu banyak kendala yang dihadapi namun dapat dihadapi oleh aparat TNI. Hal ini menunjukkan TNI lahir dari rahim rakyat, dekat dengan rakyat dan segala kendala dapat diatasi dan TMMD dapat terselesaikan dengan baik.

Dahlan berpesan agar dapat merawat dan melestarikan fasilitas yang dibangun melalui TMMD. Khususnya memelihara rasa gotong royong yang ditumbuh kembangkan untuk memupuk kebersamaan masyarakat.

Tokoh Masyarakat Bandar Kumbul, Tahan Pohan mengaku, jalan darat ke Bandar Kumbul sudah dapat dan mudah dilalui berkat pelaksanaan TMMD. Namun, warga berharap agar badan jalan  penghubung PT Siringo ringo ke Desa Bandar Kumbul tersebut, dapat dibangun menjadi jalan hotmix.

Pewarta: Kurnia

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017