Panyabungan,  19/10 (Antarasumut)  - Guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tim penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal dan kecamatan, PKK menggelar latihan pengelola program penyuluhan (LP3).

Latihan yang dilaksanakan di aula hotel Rindang, Dalan Lidang, Kamis, ini turut dihadiri oleh Bupati Madina,  Drs. H. Dahlan Hasan Nasution,  para kepala Skpd dilingkungan Pemkab Madina serta tim penggerak pkk kabupaten dan kecamatan se Mandailing Natal. 

Ketua TP. Pkk Madina,  Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution mengatakan,  kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tim penggerak Pkk dalam. melaksanakan tugas dan fungsinya di lapangan. 

"Kegiatan ini juga adalah untuk mematangkan apa yang telah direkomendasikan dalam rapat konsultasi (Rakonda) pkk sebelumnya, " katanya. 

Dalam rapat Rakonda yang telah dilaksanakan sebelumnya tersebut telah menghasilkan rumusan program kerja Pkk sebagai acuan pelaksanaan ditahun yang akan datang.  

Dalam pelatihan tersebut  Pkk juga menghadirkan nara sumber  dari Tp. Pkk provinsi Sumatera Utata dan nara sumber dari Madina. 

"Saya berharap para peserta  nantinya agar aktif mengikuti Lp3 ini,  sehingga nantinya pengetahuan peserta dibidang kelembagaan, program,  administraai,  maupun pelaksanaannya semakin berkembang, " ujarnya. 

Ia mengatakan, guna mewujudkan pembangunan yang merata tentunya harus menjangkau sampai bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga.  

Karena itu pemerintah harus memiliki mitra kerja yang kompeten, mitra pemerintah yang paling potensial dalam hal ini adalah Pkk.


"Sebagai mitra kerja pemerintah Pkk harus mampu memberikan peran bantu yang signifikan, untuk itu Pkk akan selalu meningkatkan kwalitas gerakannya, " sebutnya. 

Berkenan dengan hal itu diperlukan pemantapan pengelolaan, gerakan Pkk dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna. 

"Dengan terselenggaranya Lp3 Pkk ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan para penyuluh handal sebagai kader khusus Pkk yang dapat menjadi motor penggerak pkk diseluruh tingkatan,” harap Ika Desika.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017