Pandan, 19/10 (Antarasumut)-Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapanuli Tengah akan mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK), sehingga dengan demikian masyarakat memiliki kesempatan untuk dilatih sesuai dengan bakat masing-masing. 

Kadis Tenaga Kerja Tapteng, Aris Sutrisno di Pandan, Kamis, mengatakan, sebagai langkah untuk pengembangan itu, pihaknya meminta agar bangunan BLK milik pemerintah pusat yang ada di Pinangsori diserahkan daerah untuk dimanfaatkan dan dilengkapi.

Menurutnya, Pemerintah Pusat telah merespon permintaan Pemkab Tapteng untuk memberikan bangunan BLK itu, hanya saja saat ini masih dalam tahap perhitungan besaran biaya bangunan itu.

Kondisi bangunan BLK milik pemerintah pusat itu sudah banyak yang rusak, karena tidak dimanfaatkan setelah dibangun sekitar tahun 2000.

"Dan saat ini sedang ditafsir berapa biaya bangunan itu, sehingga Pemkab Tapteng dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja bisa mengajukan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk melengkapi bangunan itu dan juga melengkapi peralatannya,”jelasnya.

Diakuinya, tahun ini sudah akan diajukan ke DPRD Tapteng biaya untuk pengembangan dan perbaikan BLK yang ada di Pinangsori itu. Dan beberapa kegiatan pelatihan akan dikembangkan nantinya. 

Hal itu pasti sangat berdampak kepada masyarakat Tapteng, khususnya bagi mereka yang masih pengangguran untuk dilatih dengan berbagai kegiatan seperti bengkel, bertukang, wira usaha dan kegiatan lainnya.

"Memang tidak setiap daerah memiliki BLK. Hanya saja mungkin pusat telah mengkaji sehingga dibangun BLK di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Apalagi lokasinya berada di Kecamatan Pinangsori dekat dengan Bandard Dr. FL.Tobing," katanya.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017