Padangsidimpuan, 9/10 (Antarasumut)- Anggota DPRD PadangSidimpuan Khoiruddin Nasution menyampaikan, komitmen untuk mempertahankan adat istiadat dan kebudayaan lokal tidak cukup hanya sekadar mendukung, tanpa keberpihakan dari pemerintah. 

Maka dari itu dia berharap, agar kegiatan ada istiadat ke depannya harus disinergikan dengan program pemerintah di daerah. Dan saat ini dia melihat sinergitas itu mulai berjalan dengan baik.

”Kita sebagai warga lokal tentunya prihatin jika kebudayaan leluhur ini berangsur hilang. Hendaknya dari waktu kewaktu hal itu bisa dipertahankan, dengan melibatkan pemerintah daerah. Karena saya melihat fenomenal tergerusnya budaya kita itu, semakin kencang, ucap Khoir.

Politikus Demokrat Kota Padangsidimpuan ini menegaskan, sejauh ini masyarakat lokal sangat menantikan adanya program pemerintah untuk pemberdayaan acara adat. 

Salah satunya yang digalakkan kembali itu adalah kegiatan seni di taman miniatur budaya.

Dirinya menilai, tanpa ada kebudayaan lokal yang menonjol maka hal yang menarik bagi orang luar daerah itu tidak akan ada. 
”Orang datang ke Kota Padangsidimpuan nanti bukan untuk ke mall bukan untuk ke hotel, tetapi untuk melihat apa yang tidak ada di daerah mereka. Salah satunya budaya kita ini, seperti, tarian tor-tor budaya yang harus dilestarikan pastinya, pungkas Khoiruddin Nasution.

Khoiruddin Nasution berharap setiap tahun akan mengadakan pergelaran pentas seni sebagai earifan lolak yang nyata. Menurutnya hal itu jadi tradisi dan harus dipertahankan, larena sedikit banyak kebudayaan lokal daerah itu jadi identitas bangsa.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017