Tebing Tinggi,7/10(Antarasumut)- Edison Damanik dari DKI keluar sebagai juara I perebutan Open Tournamen Catur Piala Kajari III Tebing Tinggi dan berhak memperoleh hadiah uang tunai Rp.7 Juta, acara ditutup resmi Kajari H.Fajar Rudi Manurung Sabtu petang (7/10) yang juga dihadiri Wakil Walikota H.Oki Doni Siregar dan Ketua KONI Tebing Tinggi H.Daniel Sultan, di Gd.Hj.Sawiyah.

Acara penutupan yang dihadiri ratusan peserta tournamen ditandai dengan pertandingan catur cepat antara MN.M.Johan Goliong dari Sulawesi Barat melawan MN.Asrul Hidayat dari Riau memperebutkan hadiah spontan uang tunai dari Kajari,Wakil Walikota dan Ketua Koni senilai Rp.1 juta dan Rp.550.000.

Pertandingan catur cepat ini yang berlangsung dua babak dimenangkan MN.M.Johan Goliong yang babak I dengan buah hitam akibat khilapnya Asrul melakukan open skak, dan babak II Asrul menyerah dengan menggulingkan raja putihnya karena terkepung dari permainan Johan.

Kajari Tebing Tinggi, H.Fajar Manurung dalam penutupan tersebut menyampaikan cerita kisah GM.Susanto Megaratno yang melakukan pertandingan simultan dengan 50 pecatur saat pembukaan berlangsung.

Dia selama 2 hari bersama saya banyak bercerita tentang menjadi pemain catur profesional, semua bisa mendukung kehidupan rumah tangga, dan sudah berjalan ke 80 negara didunia, untuk itu jika ingin menjadi pemain catur profesional,berlantih dan terus berlatih, ujarnya.

Wakil Walikota H.Oki Doni Siregar menyampaikan apresiasi kepada Kajari Tebing Tinggi yang telah menggelar tournamen catur Piala Kajari, dan ini merupakan bagian dukungan dari Kajari Tebing Tinggi terhadap program pembangunan kota Tebing Tinggi khususnya dibidang Olah Raga Catur.

Harapan kedepannya tournamen ini dapat terus digelar setiap tahunnya dan semakin banyak pesertanya dan tentunya kita berharap pula kedepannya akan lahir pecatur-pecatur handal dari Kota Tebing Tinggi, jadikan tournamen ini motivasi untuk kita bisa melahirkan prestasi.ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Tebing Tinggi H.Daniel Sultan menyampaikan rasa salut dan hormat kepada Kajari Tebing Tinggi yang secara konsisten terus selama 3 tahun menyelenggarakan tournamen ini, yang kian hari pesertanya semakin banyak berdatangan dari luar Provinsi.

Ini bisa dilakukan karena sebuah komitmen dari Kajari Tebing Tinggi, apa yang pak Kajari kejar sebagai seorang pejabat negara, semata-mata kecintaan dan komitmennya untuk terus mengembangkan olah raga catur di Tebing Tinggi, katanya.

Disampaikan H.Daniel, sebagai Ketua KONI ianya siap memberikan dukungan kepada Percasi Tebing Tinggi sebagai penyelenggara tournamen yang dihunjuk Kajari, kedepan tournamen ini menjadi sebuah kelender kegiatan KONi Tebing Tinggi dan ditingkatkan levelnya menjadi tingkat Nasional.

Kami percaya cita-cita itu akan bisa diraih jika semua pihak ikut mendukungnya, Pemerintah Kota Tebing Tinggi tidak lagi diragukan dukungannya, para pecatur yang ada di Tebing Tinggi dan Sumatera Utara tentunya diharapkan ikut pula memberikan dukungan, ujarnya.

Para pemenang tournamen terbuka catur Piala Kajari III Tebing Tinggi masing-masing Kelompok Senior Juara I. Edison Damanik (DKI),II.MP.Daniel Lumban Tobing (Medan),III.MF.Pitra Andika (Jawa Timur),IV.MN.Sukarnedi(Medan),V.Ludin Girsang (Dairi) dan VI MN.Asrul Hidayat (RIAU).

Untuk Junior Putra juara I.Devin Larson (Medan),II.Ryan Agustian( Tebing Tinggi),III.Rizky Fahreza (Deli Serdang),IV.Yudha Anyes Sinuhaji (Karo) dan V. Yola Yolanda (Batu Bara).

Junior Putri urutan I sampai V masing-masing I.Delima Pardede (Medan),II.Miftahul Jannah (Medan),III.Tiodoras Nainggolan (Batu Bara),IV. Bulan Nainggolan (Batu Bara) dan V. Olivia.A.Bangun (Karo).  

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017