Medan, 24/9 (Anatarsumut) - Anggota DPR RI, Effendi MS Simbolon menegaskan, peran pemuda  sangat besar terhadap pembangunan Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Utara yang sedang berkembang.

"Anak muda itu identik memiliki ide-ide kreatif. Ide-ide untuk membangun  daerah dan bangsanya. Pemuda memang harus jadi agen perubahan," katanya di Medan, Minggu.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebutkan karena agen perubahan, pemuda tidak boleh berdiam diri. 

Apalagi di era globalisasi, membuat pemuda harus berpikir lebih kreatif. 

Dia memebri contoh, soal pekerjaan dimana pemuda harusnya tidak lagi mengandalkan lowongan kerja tetapi sebaiknya menciptakan pekerjaan sendiri.

Menjadi wirausahawan misalnya, bukan hanya menyelamatkan diri sendiri tetapi memberi manfaat pada orang lain dengan menampung tenaga kerja.

"Sekarang sedang tren dengan serba  online. Pemuda harus jelii melihat peluang di bisnis itu,"katanya.

Effendi yang terus mendapat dukungan kuat untuk menjadi calon gubernur Sumut 2019-2023 itu mengakui peran pemerintah dan pengusaha mendukung pemuda untuk tumbuh kembang menjadi agen perubahan juga sangat besar.

Dana APBD dan kerja sama dengan pengusaha melalui dana CSR bisa dimanfaatkan untuk mendorong berbagai kegiatan pemuda yang bisa menciptakan lowongan pekerjaan.

"Program-program untuk menciptakan wirausahawan harus semakin diperbanyak sejalan dengan dorongan untuk mengembangkan UKM yang sudah ada,"ujar Effendi.   

Jumlah penduduk miskin di Sumut diyakini akan bisa berkurang kalau jumlah wirausahawan bertmabah banyak.

CEO Cerita Medan, Wahyu Blahe membenarkan bahwa anak muda dewasa ini dituntut untuk lebih kreatif.

"Dunia Onlien: dewasa ini mislanya banyak memberi peluang besar untuk bekerja .

Dia mengeaskan, lulusan dari perguruan tinggi bukan jaminan utama untuk bisa mendapatkan pekerjaan, tetapi yang paling penting ada kemauan kuat dan mengasah keahlian.





Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017