• Sipirok,14/9(Antarasumut)-Presien RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan kepada Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu.

Bantuan itu diserahkan Presiden Jokowi disela-sela peresmian gedung Perpustakaan Nasional berlantai 27 di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017) siang.

Bupati Tapanuli Selatan, Syahrul M.Pasaribu dari Jakarta, kepada Antara lewat selular, Kamis, mengatakan, bantuan yang diterima itu berupa mobil perpustakaan keliling.

Selain mobil ada juga bantuan sebanyak 7500 eksemplar buku bacaan berbagai jenis judul.

"Atas bantuan itu diucapkan terimakasih kepada Presiden RI Jokowidodo," ujar Bupati.

Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Bupati Dua Periode itu dinilai berhasil mengembangkan perpustakaan hingga sampai di pelosok desa di wilayah itu.

"Keberadaan Perpustakaan penting menjadi orang pinter sekaligus upaya dalam rangka mencerdaskan anak bangsa,"sebutnya.

Allah SWT menurunkan surat pertama adalah surat iqro' atau surat Al 'Alaq kepada Rasulullah SAW, dalam arti membaca.

"Dengan membaca kita (orang) tahu perintah atau larangan. Itulah urgensi membaca,"tambahnya.

Sisi lain lanjut Bupati meski saat ini era digitalisasi, namun membaca (buku) tetap penting. Apalagi buku itu merupakan 'jendela dunia'.

Kadis Perpustakaan Tapanuli Selatan M.Yusuf mengatakan, Tapanuli Selatan satu-satunya Kabupaten di Sumatera (Utara) yang menerima bantuan dari Presiden Jokowidodo itu.

"Bantuan tersebut menambah motivasi dan pendorong bagi pihaknya (Dinas Perpustakaan Daerah) untuk terus mengembangkan perpustakaan di daerah itu,"sebutnya.

Menurut Yusuf, perkembangan perpustakaan hingga pelosok Desa di Tapanuli Selatan merupakan upaya mewujudkan visi misi Bupati agar masyarakat (Tapsel) cerdas disamping sehat dan sejahtera.

"Visi misi bupati menjadikan mayarakat cerdas itu sejalan juga dengan nawacita ke-5 kepemerintahan Jokowidodo tentang pengembangan Indonesia pintar,"katanya.

Dinas Perpustakaan Tapanuli Selatan sebutnya akan semakin memaksimalkan perpustakaan di seluruh 212 desa di Tapanuli Selatan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat.

"Apalagi bupati dalam sering 'road show' tidak lupa menekankan Kepala Desa untuk terus mengembangkan perpustakaan agar bagaimana masyarakat (generasi anak bangsa) Tapsel bisa tumbuh cerdas,"ungkapnya.
.

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017