Balige, 11/9 (Antara)sumut – Menteri koordinator bidang kemaritiman, Luhut Panjaitan mengungkapkan, danau toba bakal dikunjungi oleh delegasi-delegasi dari 189 negara yang pada Oktober 2018 mendatang akan mengelar pertemuan akbar annual meating IMF World Bank di Bali.

“Setelah ditetapkan jadi bandara international, tentunya Silangit Airport dan danau toba akan dikunjungi delegasi-delegasi yang berjumlah 189 negara,” ujar Luhut ditengah kegiatan karnaval kemerdekaan pesona danau toba 2017 yang digelar di Balige, Toba Samosir, Minggu.

Menurutnya, hal tersebut merupakan imbas positif atas telah resminya bandara Silangit menjadi bandara internasional yang berdasarkan uji coba penerbangan yang dilakoninya, Jumat (8/9), dapat ditempuh dalam waktu 52 menit dari Singapura menuju Silangit.

“Setelah rapat mereka akan berkunjung ke Danau Toba. Oleh karena itu kita harus kompak untuk sama-sama menjaga lingkungan dan kebersihan di Danau Toba, Horas Horas Horas,” pungkasnya.

Kegiatan karnaval pesona danau toba yang dihadiri Menko Luhut bersama Menpar Arief Yahya, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, serta sejumlah Bupati se-kawasan danau toba ramai meriah yang diikuti oleh ribuan orang yang menyemut disepanjang 2,7 km jalan dari Soposurung menuju Bank Sumut Balige.

Menko Luhut dan Menpar Arief Yahya tampak mengenakan “ulos raja” yang merupakan ulos batak jenis “Ragidup Sirara” warna gelap dan ornamen putih, dan sortoli penutup kepala khas Batak.

”Danau Toba itu keren, Danau Toba itu Beken, Danau Toba itu Paten - buktinya sejak karnaval berlangsung sudah “trending topic”. Ini karnaval sudah standar global, siap go international,” kata Menteri Arief.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017