Padangsidimpuan, 8/9 (Antarasumut)- Petani yang ada Kota Padangsidimpuan harus mewaspadai penggunaan pestisida yang berlebihan ketika digunakan ketanaman sayuran dan Holtikultura.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pemkot Padangsidimpuan, Indra P Harahap, Jum'at, mengatakan, melalui dinas ketahanan pangan Kota Padangsidimpuan mengimbau kepada petani yang ada di Padangsidimpuan terdiri dari 5 Kecamatan yang memiliki luas tanam dalam penggunaan pestisida untuk tetap menjaga penggunaanya sehingga tidak membahayakan para konsumen.

Kemudian, para petani juga harus memahami pengguna pestisida yang berlebihan dapat merusak unsur tanah dan tanaman itu sendiri, terangnya, sehingga dalam hal ini pestisida harus bisa dibatasi dalam penggunaan biar tidak membahayakan.

Penyuluh pertanian seharusnya juga dapat memberikan pencerahan terhadap pemakaian pestisida yang melebihan batas, sehingga petani dapat memahami kebutuhan tanaman itu sendiri.

Seperti contoh, Apel Washington dari Negara Amerika itu sangat membahayakan karena memiliki kandungan lilin pada buah tersebut, bayangkan dari Amerika sana kemudian langsung ke konsumen di Indonesia butuh berapa hari, jika kandungan zat lilin dikonsumsi terlalu berlebihan maka akan sangat membahayakan konsumen itu sendiri, pasti itu, sehingga kewaspadaan dalam ketahanan pangan menjadi perhatian serius di Padangsidimpuan, pesannya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017