Sibolga, 14/8 (Antarasumut)- Karena faktor cuaca yang tak menentu, 36 jemaah calon haji (Calhaj) kota Sibolga, diberangkatkan menuju asrama haji Medan lebih awal. 

Pemberangkatan dilakukan dengan pesawat udara dari Bandara FL Tobing Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Demikian diungkapkan Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk saat melepas rombongan bus jemaah calon haji dari depan Mesjid Agung Sibolga, Senin (14/8).

“Pemberangkatan memang dilakukan lebih cepat satu hari, karena faktor cuaca. Harusnya jemaah berangkat naik bus, tapi kan jemaah ini sudah ada yang berumur, jangan nanti baru sampai Medan saja sudah sakit-sakit, jadi diberangkatkan pakai pesawat,” kata Syarfi.

Ia mengakui, para jemaah calon haji tersebut setibanya di Medan tidak akan langsung masuk ke dalam asrama haji. Para jemaah akan diinapkan satu malam di Mes kota Sibolga menunggu jadwal yang sudah ditetapkan oleh embarkasi Medan.

“Semua akan dapat tempat, tidak tambah bayaran, makanan dikasih, tidak dipungut biaya apapun, semua akan ditanggung Pemko termasuk ongkos pesawat dari Sibolga ke Medan dan sebaliknya,” pungkas Wali Kota.

Politisi Golkar ini pun berpesan agar para jemaah calon  haji senantiasa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah, mengingat suhu ekstrim di tanah suci yang sedang berlangsung saat ini.

“Suhu udara 39 sampai 41 derajat. Tapi jangan takut, dengan niat dengan dzikir semua lewat itu. Begitupun banyak minum air putih, banyak makan jeruk, dan selalu jaga kesehatan,” himbaunya.

Dari 36 calon jamaah haji terdiri dari 9 laki-laki, 27 orang perempuan. Sedangkan jemaah tertua bernama Ramlah hutagalung dengan usia (74) dan yang termuda atas nama Yani Ardayani Ritonga dengan (39).

“Seluruh jemaah haji telah dibina dan telah melakukan manasik haji sebanyak 10 kali, juga telah diberikan suntikan kesehatan dan juga telah digelar manasik akbar beberapa waktu lalu di pendopo dinas kota sibolga,” kata Kakan Kemenag Sibolga, Mardinal.

Ia menambahkan, para jemaah calon haji kota Sibolga akan tergabung dalam kloter 18 dan bergabung dengan jemaah calon haji asal Kota Medan dan Kota Sidempuan. Kloter ini akan berangkat 16 Agustus lusa.

“Berangkat tanggal 16 Agustus pukul 15.35 WIB dan tiba di Jeddah pada hari yang sama sekitar 19.30 waktu Arab Saudi,” katanya. 


Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017