Tapanuli Selatan,29/7(Antarasumut)- Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu hadir pada acara pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Se-Tapanuli Bagian Selatan di Auditorium Institut Agama Islam Negeri, Padangsidimpuan, Sabtu.

Dalam kesempatan memberi sambutan Bupati Syahru M. Pasaribu mengatakan APDESI sebuah wadah organisasi berhimpunnya Kepala Desa, dimana memegang peranan penting dalam usaha membangun Desa.

"Kiranya dengan kehadiran APDESI dan peran serta (tugas) seluruh Kepala Desa agar bagaimana pembangunan pedesaan lewat program Dana Desa bisa terwujud dengan baik, bukan bertitik berat berorganisasi,"sebutnya.

Tekad untuk menjadikan 'desa mandiri' sudah merupakan program nasional kepemerintahan Presiden RI Joko Widodo, "karenanya mari kita jalankan program Dana Desa sesuai harapan pemerintah itu,"ujarnta.

Dalam rangka mendorong kelancaran tugas-tugas para Kepala Desa khususnya di Tapanuli Selatan Bupati Syahrul mengatakan tetap berusaha memberikan fasilitas seperti fasilitas sepeda motor, memberikan honorarium yang diatas UMR.

"Tujuan memfasilitasi mengingat pentingnya peran kepala desa yang dianggap pahlawan pembangunan ditingkat pedesaan," sebutnya.

Tidak lupa juga Bupati mengingatkan para kepala desa dalam menggunakan anggaran Dana Desa dengan sebaik mungkin sesuai regulasi yang ada dan akuntabel.

DPC APDESI Tapanuli Bagian Selatan dilantik DPD APDESI Sumut itu meliputi pengurus DPC APDESI yang berada diwilayah Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas Utara dan Kabupaten Padang Lawas.

Hadir diacara itu Gubsu HT Erry Nuradi, Ketua Dewan Pakar APDESI Provinsi Sumut Syamsul Arifin (Mantan Gubsu), Wadir Bimmas Poldasu AKBP Parluatan Siregar, Bupati Paluta Bachrum Harahap, DPP APDESI Pusat H. Basri Lubis, Ketua DPD APDESI Sumut Zainul Akhyar, sejumlah Camat Se-Tabagsel dan undangan lain.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017