Binjai, Sumut, 24/7 (Antara) - Wali kota Binjai, Sumatera Utara, mengungkapkan pelaksanaan manasik akbar yang dilakukan pemrintah setempat dalam rangka memperekat rasa kekeluargaan antar jamaah nantinya di tanah suci.

Hal itu disamppaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham SH MSi di Binjai, Senin dihadapan 315 jamaah haji daerah itu yang akan berangkat menunaikan ibadah haji saat kegiatan manasik akbar dan menepungtawari calon haji.

Ia juga menyampaikan agar menjaga kesehatan dan banyak belajar tentang pelaksanaan ibadah haji.

“Hal yang perlu kita sadari pelaksanaan ibadah haji bukan hanya sejauh mana niat kita dalam melaksanakannya, akan tetapi juga sebesar apa kesiapan lahir dan batin kita untuk melaksanakannya nanti diana," katanya.

Wali kota mengharapkan manasik akbar ini menjadi sarana perekat rasa kekeluargaan dan silaturahim sesama calon haji asal Binjai. Dengan terjalin silaturahim tentunya akan semakin memudahkan pelaksanaan ibadah di tanah suci.

Dengan terciptanya ukhuwah di tengah–tengah jamaah calon haji, maka setiap jamaah dapat saling mengisi, saling berkomunikasi, saling membantu dan mengawasi,“ pintanya.

Kepala Staf Urusan Haji Al Ahyu mengatakan tujuan kegiatan bimbingan manasik haji akbar dan tepung tawar calon jamaah haji untuk memberikan pemahaman yang utuh dan mewujudkan haji yang mandiri, kegiatan ini akan dilakukan (24-25/7).

Adapun calon jamaah haji kota Binjai tergabung dalam kloter 10 berjumlah sebanyak 315 orang, terdiri dari 118 pria dan 197 perempuan. Jamaah rencananya akan masuk asrama haji Minggu (6/8)dan berangkat ke tanah suci, Senin (7/8) tiba kembali di tanah air pada Minggu (17/9).

"Calon jamaah haji laki-laki yang tertua berusia 78 tahun dan calon jamaah haji wanita tertua berusia 80 tahun, sedangkan untuk calon jamaah haji termuda laki-laki berusia 21 tahun dan wanita berusia 33 tahun," katanya.

Sementara Ketua DPRD Zainuddin Purba yang bertindak sebagai Ketua Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) mengatakan kepada calon jamaah haji agar lebih sabar dan memperbanyak hafalan surah pendek.

"Para calon jamaah haji saya harapkan perbanyak bersabar ketika di tanah suci, karena semua maunya kita belum tentu bisa terlaksana. Daripada bicara yang tidak-tidak didalam hati, lebih bagus perbanyak hafalan surah pendek," ujarnya.

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017