Simalungun, 17/7 (Antarasumut) - Tak menunggu waktu lama setelah libur Lebaran 2017 dan pergantian tahun ajaran baru 2017/2018, Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih langsung melakukan kerja nyata dalam melayani masyarakat.

Sosok yang dikenal dengan panggilan JR bersama sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah terkait "turun" ke desa-desa berjumpa warga setempat.

     
Bupati memberikan arahan, semangat, motivasi kepada warga untuk melakukan pekerjaan dengan kasih, memelihara nilai-nilai luhur adat budaya dalam bermasyarakat dan mendukung program pemerintah.
     
Dalam kunjungan ke kawasan permukiman warga sampai ke daerah pinggiran, Bupati juga ingin melihat dan mendengar langsung aspirasi serta kondisi masyarakat.
     
Di Nagori (Desa) Urung Purba, Gaja Pokki, Kecamatan Purba, Pemerintah Kabupaten Simalungun memberikan pelayanan  kesehatan, KB, dokumen kependudukan dan pasar murah.

     
Bupati Simalungun bahkan merujuk empat warga ke Rumah Sakit Efarina Berastagi, Kabupaten Karo untuk mendapatkan pengobatan yang layak secara gratis.
     
Di Nagori Bangun Saribu, Kecamatan Silimakuta, Bupati Simalungun memberikan layanan kesehatan yang sama dengan merujuk lima warga yang mengidap penyakit dalam kategori penyakit berat mulai dari diabetes, tumor, kelainan tulang, hingga benjolan di bagian tangan.
     
"Semua masyarakat yang memiliki penyakit dalam tahapan serius harus dirujuk ke rumah sakit," ujar JR.

     
Masyarakat yang ada di Simalungun kata JR, harus memiliki jiwa dan raga yang sehat, supaya pertumbuhan ekonomi bisa lebih baik dan meningkat.
     
Di bidang pendidikan, Bupati Simalungun memantau situasi kondisi hari pertama anak sekolah dan mengunjungi SD Negeri 094120 Nagori Bawang, Kecamatan Dolok Silou.

     
Kunjungan dilanjutkan ke SMA/SMK Plus Kesehatan Efarina Etaham di Desa Saribu Dolok, Kecamatan Silimakuta.

    
 "Kalian harus punya impian atau mimpi untuk meningkatkan prestasi. Jangan lupa kalian untuk berdoa," pesan Bupati Simalungun.
    
Bupati menekankan kepada pihak sekolah maupun pengajar mulai dari PAUD, SD dan SMP aud, Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar mempersiapkan jadwal pelajaran yang harus diajarkan kepada anak didik.
     
JR berharap agar di tahun ajaran 2017/2018 seluruh siswa-siswi dipersiapkan dengan baik agar nantinya memiliki karakter, jiwa hingga kesatria agar bisa berprilaku dengan baik.
     
"Di jaman sekarang, banyak generasi muda Indonesia sudah kehilangan kader muda. Cara berprilaku serta berpikir sudah kehilangan arah. Oleh karenanya saya ingin agar generasi muda di Simalungun menjadi lebih baik," ujar JR.
     
Jareken Situmorang, warga Nagori Bawang, menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas bantuan yang diberikan Bupati Simalungun, karena penyakit yang diderita sejak lama berangsur membaik.
     
"Puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan pemimpin di Simalungun seperti Bapak JR Saragih. Beliau selalu membantu kami masyarakat yang kesusahan khususnya dari segi kesehatan sehingga saat saya sembuh maka bisa beraktivitas kembali," kata Jareken.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017