Simalungun, 10/6 (Antarasumut) - Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi dan jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) mengadakan buka puasa bersama di Kabupaten Simalungun, yang dipusatkan di halaman Masjid Baitul Karim, Kebun Dolok Ilir, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Sabtu.
     
Erry Nuradi mengatakan, safari Ramadhan dilaksanakan dalam rangka mengunjungi kabupaten kota tingkat provinsi, di tingkat kabupaten kota mengunjungi kecamatan dan tingkat kecamatan mengunjungi desa-desa.
     
"Ini semuanya dalam rangka meningkatkan silaturrahim sekaligus ukhuwah Islaminya," kata Erry Nuradi.
     
Kegiatan safari Ramadhan juga momentum bagi Pemerintah untuk menginformasikan tentang pembangunan yang dilaksanakan, fisik maupun nonfisik.
     
Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga mengatakan, Kabupaten Simalungun merupakan daerah yang multi etnis, namun tetap rukun, keharmonisan antar umat beragama sangat tinggi.
      
Dibawah kepemimpinan JR Saragih sebagai Bupati Simalungun melalui kinerja semangat baru, terus berupaya meningkatkan pembangunan di semua bidang, termasuk bidang keagamaan sehingga tercipta toleransi antara umat beragama yang sangat harmonis ke Kabupaten Simalungun.
     
"Kebhinekaan sangat dijunjung tinggi dalam menciptakan toleransi umat beragama di Kabupaten Simalungun," kata Wakil Bupati Simalungun.
      
Di bulan Ramadhan tahun 1438 H/2017 M ini, Pemkab Simalungun atas instruksi Bupati Simalungun membentuk 20 tim Safari Ramadhan yang mengunjungi 200 masjid.
     
Pemkab Simalungun juga melaksanakan buka puasa bersama dengan masyarakat di tujuh titik, yang tujuannya untuk menjalin silahturrahmi pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan melalui semangat baru di Kabupaten Simalungun.
      
Wakil Bupati Simalungun berkesempatan memaparkan secara singkat program pembangunan di antaranya infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, pendidikan, BPJS, meningkatkan pelayanan Puskesmas menjadi rawat inap, dan bidang pendidikan.
     
Buka puasa bersama dirangkai dengan tausiyah, penaburan bibit ikan di Sungai Bah Bolon, pemberian bantuan kepada nazir masjid dan tali asih kepada anak yatim serta bingkisan kepada tokoh agama dan masyarakat.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017