Pematangsiantar, Sumut, 26/5 (Antarasumut) - Harga daging sapi/lembu di pusat perbelanjaan tradisional di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, menjelang bulan Ramadhan 1438 H, Jumat, mengalami kenaikan.


Pantauan di Pasar Dwikora Parluasan dan Pasar Horas pusat kota, harga daging terbaik mencapai Rp120.000 per kilogram yang sebelumnya di kisaran Rp105.000-Rp110.000.


Kenaikan harga yang mencapai Rp10.000-Rp15.000 per kilogram itu tidak menyurutkan pembeli dari Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, untuk berbelanja.


Sejak pagi hari penjual daging sapi/lembu di dua pusat perbelanjaan tradisional di Kota Pematangsiantar itu ramai pembeli, dan menjelang tengah hari, daging habis terjual.


"Ya dicukup-cukupi beli daging untuk sahur awal puasa, lagian sudah jadi kebiasaan keluarga kami," kata Atik (49), warga Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.


Nila mengaku tidak berbelanja langsung ke pasar, karena diperhitungkan ramai pembeli dan tidak suka berdesak-desakan, sehingga titip sama tetangga.

Baca Juga Informasi Harga Daging dan Info Sidak Pasar


Sementara Rosmaniar Nasution (38), warga Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, telah membeli daging sejak lima hari lalu untuk persiapan dengan menyimpannya di kulkas.


"Waktu itu (Minggu) harganya Rp120.000 per kilogram," sebut Rosmaniar.


Penjual daging di Pasar Horas, Hendri Sinambela mengatakan, menjelang bulan Ramadhan sejak lima hari lalu, harga daging sapi/lembu berfluktuasi, naik, turun dan naik lagi.


"Kami hanya mengikut harga yang kami beli dari agen (pemasok daging), biasanya naik sesuai dengan waktu-waktu tertentu yang diperhitungkan permintaan pasar tinggi," kata Handri. ***3***Budi Suyanto


(T.KR-WRS/B/B008/B008) 26-05-2017 14:36:58

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017