Sibolga, 16/5 (Antarasumut)-Masyarakat Desa Sibintang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, menyerahkan lahan seluas 1,5Ha kepada Distrik IX HKBP untuk dimanfaatkan mendirikan objek wisata Rohani berupa Distrik Center di Barus. 

Penyerahan lahan tersebut diterima langsung Praises Distrik IX HKBP, Pdt. Pahala Sitorus, S.Th  dari Kepala Desa Sibintang, Ahmad Tarihoran yang disaksikan Pj Bupati Tapteng, Bukit Tambunan, Wakil Walikota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, Kejari Sibolga, serta ribuan jemaat HKBP Distrik IX Sibolga-Tapteng-Nias, dalam acara Paskah Raya HKBP Distrik IX, Minggu, (14/5).

Demikian dikatakan Yamaro Sitompul, (52) kepada ANTARA, Selasa, (16/5) di Sibolga. Menurutnya, ide penyerahan lahan tersebut atas kerinduannya ada objek wisata Rohani di kawasan tersebut. Dan HKBP menyambut baik untuk mendirikan Distrik Center HKBP di lokasi tersebut.

“Beberapa waktu lalu saya bersama dengan Praises HKBP Distrik IX beribadah di HKBP Sibintang, sekaligus menyerahkan Beringin Nommen kepada jemaat. Saat itu saya menyapaikan kerinduan tersebut agar di kawasan Sibintang berdiri objek wisata Rohani, mengingat kawasan Barus adalah sarat akan situs-situs Rohani kekristenan. 

Selain itu juga, dari kawasan Desa Sibintang dapat menikmati indahnya air terjun Gorbus  dan Laut Barus Nauli.”Katanya.

Ternyata kerinduan saya itu sambung Yamaro, dikabulkan Tuhan. Dimana pada acara Paskah Raya HKBP Distrik IX di Lapangan Simaremare kemarin, masyarakat Sibintang  melalui Kepala Desanya Ahmad Tarihoran menyerahkan lahan tersebut kepada Distrik IX HKBP yang diterima oleh Praises Pdt. Pahala Sitorus.

Lebih lanjut diakui Composer HKBP ini, bahwa saat ini sudah ada 3 Distrik yang memiliki Distrik Center, diantaranya, HKBP Jambi, HKBP Kaltim Distrik Kaltimselkaltara dan HKBP Distrik IX HKBP Sibolga-Tapteng-Nias.

“Saya selalu ciptakan lagu untuk masing-masing Distrik Center. Untuk Jambi dan Kaltim sudah selesai lagunya. Dan untuk Distrik IX sedang saya ciptakan. 

Untuk itulah, saya meminta doa dan dukungan dari masyarakat khususnya jemaat HKBP agar dapat dengan cepat membangun Distrik Center HKBP Distrik IX karena berpotensi dengan wisata religi Barus. 

Dan baru-baru ini Presiden RI bapak Jokowi baru meresmikan titik nol masuknya Islam ke Nusantara. Ini menjadi peluang besar nantinya untuk menunjang wisatawan yang datang ke Barus,”kata pria kelahiran Pahae, 22 Oktober 1965 ini.


Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017