Medan, 15/5 (Antara) - Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengharapkan seluruh elemen bangsa mampu menahan diri dan tidak melakukan tindakan yang kontraproduktif bagi keutuhan bangsa.

"Saya menyerukan untuk menahan diri dan mengutamakan kepentingan bangsa," kata Setya Novanto (Setnov) ketika membuka Rapat Pimpinan Daerah Partai Golkar Sumut di Medan, Senin.

Ia menilai kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia mengalami dinamika yang cukup tinggi belakangan ini.

Berbagai pihak berupaya untuk menyampaikan aspirasinya yang kemungkinan berbeda atau bertentangan dengan kepentingan kelompok lain.

Meski dinamika tersebut dianggap wajar, tetapi politisi yang kini menjadi Ketua DPR RI tersebut berharap tujuan utama aspirasi itu adalah kemajuan dan keutuhan bangsa.

"Kita harus pentingkan negara di atas kepentingan kita dan kelompok masing-masing," katanya.

Selain itu, Setnov juga berharap seluruh elemen masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dengan menghormati ketentuan hukum yang berlaku.

Aspirasi dalam berpendapat dinilai sebagai sesuatu yang diperbolehkan dalam demokrasi. Namun prosesnya harus sesuai ketentuan hukum agar tidak menimbulkan potensi anarkis.

"Demokrasi tanpa hukum akan anarkis. sedangkan hukum tanpa demorasi akan menjadi anomali " katanya.

Karena itu, seluruh pemangku kepentingan nasional perlu melakukan pendekatan dengan semua unsur untuk memperkuat kembali kekompakan yang terbina selama ini.

"Kita perlu kompak agar bisa menjadi kekuatan baru di dunia," ujar Setnov.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017