Tapanuli Selatan,7/5(Antarasumut)-PT Agincourt Resources, selaku pengelola Tambang Emas Martabe menggelar acara Gelar Karya Tani Mandiri yang dipusatkan di area pesawahan Aek Pahu, Desa Napa Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Sabtu (6/5).
 
President Direktur PT Agincourt Resources, Tim Duffy menyatakan kegiatan Gelar Karya Tani Mandiri ini merupakan wujud komitmen Tambang Emas Martabe kepada para petani di Batangtoru di mana tujuannya antara lain untuk meningkatkan pendapatan dan mata pencaharian yang berkelanjutan.
 
Dalam kegiatan ini dilakukan pengesahan pembentukan lima koperasi yang berada di desa sekitar Tambang Emas Martabe serta dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antar koperasi. Ke lima koperasi ini ke depannya akan dijadikan sebagai pelopor dalam menumbuh kembangkan rantai bisnis pertanian yang berkelanjutan khususnya di wilayah Batangtoru.

Program tumbuh kembang ini disebut sebagai SUPRA (Sentra Usaha Tani dan Penguatan Rantai Agribisnis) yang memiliki visi untuk menjamin keberlanjutan mata pencaharian khususnya para petani. "SUPRA ini merupakan salah satu program unggulan Corporate Social Responsibility PT Agincourt Resources yang mana diharapkan mampu memberikan “multiplier effect” bagi masyarakat umum khususnya di wilayah Batangtoru," kata Tim.

Dalam kegiatan GKTM ini, kelima koperasi tersebut melakukan parade dan unjuk kreasi di atas panggung Karya Koperasi sebagai bagian dari eksistensi diri di tengah-tengah masyarakat.
 
Dalam acara yang dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan tersebut, juga digelar sarasehan dan diskusi dalam rangka memotivasi para petani. Di penghujung acara panitia penyelenggara mengumumkan peserta yang menampilkan parade terbaik.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017