Padangsidimpuan, 28/4 (Antarasumut)- Beberapa sekolah SMP Negeri akan melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang akan berlangsung tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017 di Padangsidimpuan. 

Sekolah-sekolah tersebut adalah SMPN 1,2,3,4,5,6,dan SMPN 8, sedang SMPN 7,9,10 dan SMPN 11 melaksanakan UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil).

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Muhammad Luthfi Siregar, mengatakan kepada wartawan, Jum'at, Kendati begitu kata Luthfi beberapa kendala kemungiknan masih mengganjal dalam pelaksanaan UNBK yaitu keertsedian genset manakala listrik mati saat berlangsung UN dan jaringan internet yang diharapkan tidak bermasalah.

Harapan kita selama UNBK masalah tersebut diatas tidak terjadi sehingga tidak menggganggu jalan UN dan membuyarkan konsentrasi peserta, harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Dikdas Erwinsyah Nasution untuk UNKP akan dihelat pada tanggal 7,8,9 dan 10 Mei 2017 dimana jumlah peserta UN untuk SMPN Negeri sebanyak 3.327 dan SMP Swasta diikuti sebanyak1.258 peserta.

Ia juga menambahkan, keunggulan UNBK yaitu cepat efisien, praktis, reablitas, integritas dan hemat."Peserta tinggal klik jawaban yang dipilih langsung terhubung dengan server, ungkapnya.

Terkait belum seluruhnya SMP Negeri di Padangsidimpuan melaksanakan UNBK, Erwinsyah mengatakan karena kekurangan sarana seperti komputer, laptop, genset atau jaringan internet di skeitar sekolah yang belum tersedia. "Kita akan ajukan pengadaan komputer atau laptop dan genset serta pendirian tower jaringan internet untik sekolah SMPN yang belum UNBK tahun ini sehingga tahun depan 2018 semua SMP negeri sudah UNBK, ungkapnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017