Aekkanopan, 27/4 (Antarasumut)  - Pembukaan MTQN VIII dan Festival Nasyid IX tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara di Kelurahan Kampungmesjid Kecamatan Kualuhhulilir berlangsung meriah, Rabu malam. Acara itu dibuka Bupati Labura H Kharuddin Syah SE ditandai dengan pemukulan bedug.

Dalam sambutannya bupati yang mengenakan pakaian khas Melayu saat itu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kualuhhilir, panitia serta seluruh pihak yang mendukung dan menyukseskan acara membumikan ayat-ayat Suci Al Qur'an. 

Kepada peserta, pria yang juga Ketua PD II FKPPI Sumut itu berpesan agar menampilkan kemampuan terbaik sehingga bisa meraih hasil maksimal. "Selamat bertanding kepada seluruh peserta," katanya di hadapan pejabat, undangan dan warga yang hadir.

Ketua DPRD Labura salam sambutannya mengharapkan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun itu hendaknya benar-benar mampu meningkatkan keimanan serta kecintaan kepada Al Qur'an secara berkelanjutan.

Dengan demikian apa yang menjadi harapan Pemkab Labura dalam meningkatkan derajat keimanan masyarakat sesuai visi misi membangun kabupaten yang berlandaskan iman dan takwa dapat terwujud. 

Sedangkan Kakan Kemenag Labura Drs H Saparuddin MA dalam sambutannya mengatakan, forum-forum kajian Al Qur'an harus semakin ditingkatkan di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu.

Pembukaan yang dihadiri Dandim.0209/LB Letkol CZi Denden Sumantri, Wabup Labura Drs Dwi Prantara MM, pimpinan SKPD, camat termasuk Camat Kualuhhilir H Abd Fattah Siregar SSos, lurah/kepala desa dan warga itu dimeriahkan dengan dramatari yang mengisahkan perjuangan masyarakat melawan penjajah dalam kisah yang dikenal dengan Lautan Api di Kampung Mesjid.

Sebelumnya pada siang harinya dilaksanakan pelantikan dewan hakim oleh Kakan Kemenag dan sorenya dilaksanakan penaikan bendera LPTQ dan FASQI dipimpin Wabup serta pawai taaruf.  Kedatangan rombongan disambut dengan pencak silat.

Peserta MTQ serta FSN Labura tahun ini sebanyak 400 peserta dari delapan kecamatan yang ada. Cabang MTQ yang diperlombakan ada sembilan cabang. Kegiatan itu direncanakan berlangsung hingga 29 April.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017