Simalungun, Sumut, 26/4 (Antara) - PT Suri Tani Pemuka yang bergerak di bidang budi daya dan pengolahan ikan menanam 10 ribu pohon di lahan kritis sekitaran Danau Toba wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Menurut Rachmat Indrajaya, Corporate Affairs Director JAPFA di Simalungun, Rabu, penghijauan dilaksanakan bekerja sama dengan PT Inhutani IV dan melibatkan masyarakat sekitar.

Tanjung Onta Pematang Tigaras dan Tambun Raya menjadi lokasi pertama yang akan ditanami dengan tanaman endemik di sekitar Danau Toba.

Pohon yang ditanam sesuai permintaan masyarakat dan disesuaikan dengan kondisi tanah, seperti petai, jengkol, asam gelugur, alpukat, mangga, dan kayu manis.

Rachmat menjelaskan, pelibatan masyarakat merupakan salah satu komponen penting dalam kagiatan sosial yang dilakukan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA), induk perusahaan PT Suri Tani Pemuka (STP).

Selain melibatkan masyarakat dalam proses penanaman, diharapkan juga masyarakat ikut serta memelihara tanaman dan dapat menikmati hasil tanaman tersebut.

Rachmat menegaskan, JAPFA tidak hanya berorientasi kepada kepentingan bisnis, tetapi juga harus mengambil bagian dalam mendorong kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi usaha.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017