Tebing Tinggi,25/4 (Antarasumut) - Pemerintah Kota Tebing Tinggi melaksanakan Upacara Memperingati Hari Otonomi Daerah Ke XXI yang dipimpin langsung oleh Pj.Walikota Tebing Tinggi H.Zulkarnain selaku Pembina Upacara, Selasa.

Pj.Walikota membacakan amanat Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo dikatakan bahwa peringatan hari otonomi daerah yang kita laksanakan setiap Tahun merupakan momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksana otonomi daerah pada masing-masing daerah otonom.

Setiap Pemerintah Daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah".

Dengan tema peringatan hari otonom daerah ke XXI tahun 2017 yaitu " dengan semangat otonom daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui E-Goverment ini diharapakan dari setiap aparatur Pemerintah daerah dapat melaksanakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik."ujar beliau.

Mendagri menyampaikan, saat ini terdapat 542 daerah otonom yang terdiri dari 34 Provinsi, 415 Kabupaten, dan 93 Kota.Berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggara Pemerintahan Daerah (EKPPD Tahun 2016 terhadap laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015.

"Ada sejumlah Pemerintah Daerah dengan capaian kinerja sangat tinggi, namun ada pula yang capaian kenerjanya masih rendah.

Oleh karena itu, Setiap Pemerintah Daerah diwajibkan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.Manfaatkan seluruh potensi sumber daya Daerah dalam rangka peningkatan, dengan melibatkan seluruh warga masyarakat dari kalangan dunia usaha."tegasnya

Pemerintah Pusat melalui program Nawacita Kabinet kerja, telah berketetapan untuk "membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat Daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan" serta senantiasa mendorong dan mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan itu Pemerintah Kota Tebing Tinggi mengumumkan pemenang perlombaan Inovasi pelayanan publik di Kelurahan dalam rangka hari otonomi daerah Ke- XXI Tahun 2017, Juara 1.Kel. Lubuk raya Kec.Padang Hulu, 2.Kel.Lubuk Baru Kec.Padang Hulu, 3. Kel.Lalang Kec.Rambutan.

Dan Penyerahan penghargaan kepada pemenang LPPD terbaik Kota Tebing Tinggi 2016  kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan serta penyusun LPPD SKPD terbaik diraih oleh Bukhori Qosyim (Dinas Sosial).

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017