Simalungun, 18/4 (Antarasumut) - Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan masyarakat di Desa Tambun Raya, Kecamatan Pamatang Sidamanik dan Desa Tigaras, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, mendapat bantuan 8.000 butir telur dari PT Suri Tani Pemuka (STP), Selasa.
     Pihak PT STP, Andhi Trapsilo mengatakan, pemberian telur kepada pelajar SD dan masyarakat tersebut merupakan salah satu bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) perusahaan budidaya ikan nila tersebut, yang diberi nama "Bakti Toba Tilapia".
    "Pemberian telur itu untuk mewujudkan misi perusahaan guna meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat sekitar," kata Andhi.
     Pemberian telur kepada pelajar SD Negeri Hutamala, SD Negeri Lumban Sambo dan SD Negeri Parbalohan Tigaras, juga disertai dengan penyuluhan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan protein hewani mulai dari balita hingga lanjut usia untuk memperkuat daya tahan tubuh serta kecerdasan manusia.
     Menurut Andhi, rata-rata konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia masih relatif rendah dibanding negara Asean lain, seperti Singapura, Malaysia dan Philipina. 
     Selain karena daya beli masyarakat yang belum cukup kuat, konsumsi protein hewani juga belum menjadi prioritas bagi masyarakat negara kita, sementara protein hewani sangat dibutuhkan bagi manusia mulai dari balita hingga manula. 
     Protein hewani merupakan sumber gizi penting karena mengandung asam amino yang tidak tergantikan, yang berfungsi sebagai zat pembangun, pengganti sel-sel yang rusak maupun penguat daya tahan tubuh.  Konsumsi protein hewani akan mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan manusia, papar Andhi.
     Sebelumnya, PT STP pernah menyelenggarakan kegiatan serupa melalui program JAPFA4Kids yang meliputi pembagian paket makanan bergizi, pelatihan pengelolaan  lingkungan sekolah dan penanaman pohon.
     Anggota DPRD Simalungun, Dadang Pramono mengapresiasi kepedulian PT STP mendukung program pembangunan daerah mewujudkan masyarakat yang sehat melalui pemberian bantuan telur kepada pelajar SD dan masyarakat di kecamatan Pamatang Sidamanik dan Dolok Pardamean.
     Politisi Partai Demokrat itu berharap, adanya bentuk partisipasi lain melalui CSR seperti pemberian beasiswa dan peningkatan perekonomian masyarakat yang bisa dilakukan investor.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017