Padangsidimpuan, 17/4 (Antarasumut)- Dinas Perdagangan Padangsidimpuan mengumpulkan 50 orang dari enam kecamatan di Aula MAN 2 Model dalam upaya memberikan pendidikan tata cara pendirian koperasi sitem online.

Plt Kadis Perdagagan Sapri Dewasa, mengatakan, masyarakat yang dihadirkan tersebut belum pernah ikut maupun terlibat dalam urusan dan keanggotaan koperasi.

Sehingga pertemuan tersebut diharapkan memberikan motivasi serta rangsangan kepada warga agar tergiur membentuk koperasi secara online di tempatnya masing-masing yang salah satu tujuannya mensejahterakan anggotanya.

Ia berharap para peserta serius dan tekun mengikuti kegiatan sehingga memiliki bekal ilmu untuk mampu mendirikan koperasi secara online di wilayah masing-masing.

Hal itu penting mengingat globalisasi membawa semangat kapitalisme yang dapat menggerogoti nilai dasar dan prinsip koperasi. 

Fenomena yang ada pada era globalisasi merupakan tantangan terhadap nilai dasar dan prinsip koperasi yang justru mengutamakan kebersamaan dan kolektivitas," katanya.

Selanjutnya dikatakan, koperasi merupakan badan usaha yang mempunyai chiri khas yang membedakannya dengan badan usaha lain. 

Pelayanan kepada anggota merupakan tujuan utama koperasi. Karena dasar pembentukan koperasi adalah mencapai tujuan berasama tidak ada dominasi seseorang atas orang lain kaerna keputusan tertinggi ada ditangan forum rapat anggota.

Profit bukan merupakan tujuan utama dan satu-satunya tolak ukur keberhasilan suatu koperasi justru akan lebih berarti apabila para anggotanya dapat mengembangkan potensi ekonomi dan sosial yang dimilikinya, sambungnya.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini menghadirkan nara sumber Nedi Apriadi,S.Sos dari UPT Balai Latihan Koperasi, Sumut, Ir Ridoan Pasaribu,MSi, Kabid Koperasi Pemko Padangsidimpuan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017