Pinangsori, 11/4 (Antarasumut)-Perhatian Kementerian Perhubungan RI akan keberadaan Bandara Dr FL Tobing, Pinangsori mulai terlihat. 

Dimana pertengahan tahun ini sejumlah proyek di Bandara kebanggaan masyarakat Tapteng ini akan segera dikerjakan. 

Demikian dikatakan Kepala Bandara Dr. FL Tobing, Ambar Suryoko,Rabu, (12/4).

Adapun proyek yang akan dikerjakan di Bandara yang dipimpinnya adalah, perluasan gedung terminal Bandara dari 733 meter menjadi 1.000 meter. Penguatan landasan pacu bandara dari 34 pcn menjadi 40 pcn. Ditambah lagi pemagaran run way keliling.

“Sesuai dengan rencana petengahan tahun ini proyek tersebut akan dimulai. Terkhusus bangunan terminal kedatangan akan diperlebar menjadi 250 meter. Karena selama ini luas bangunan terminal kedatangan hanya sekitar 65 meter, sehingga penumpang sudah berdesakan di terminal kedatangan. Dengan dibesarkannya bangunan tersebut, maka penumpang akan lebih nyaman menunggu barang mereka turun dari pesawat,”katanya.

Sedangkan untuk penguatan landasan pacu (run way), bertujuan agar landasan mampu menahan beban pesawat berbadan besar jenis Boeing 737. Degan demikian, nantinya bandara Pinangsori sudah dapat didarati pesawat berbedan besar.

“Saat ini tebal landasan bandara kita setebal 34 pavement classification number (PCN) dan akan ditambah menjadi 40 pcn. Demikian juga dengan pemagaran landasan pacu akan dikerjakan segera. Karena yang dipagar saat ini baru kawasan bandara, sedangkan landasan pacu belum. Dengan dipagarnya landasan run way ini, maka pilot semakin nyaman untuk terbang dan mendarat, karena tidak dapat dipungkiri selama ini ada raca kuatir pilot, siapa tahu binatang ada yang menyeberang di landasan pacu,”terangnya.

Untuk itulah pria yang sudah 3,6 tahun memimpin bandara FL Tobing ini bersyukur atas perhatian dari Kementerian Perhubungan akan fasilitas bandara. Ia mengakui, berbagai upaya dilakukannya demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasa penerbangan. 

Dengan motto ‘Small Beatiful Airport’ ia terus membenahi bandara, hingga sejumlah pejabat tinggi negara ini mendarat ke Bandara FL Tobing. Bahkan baru-baru ini dua kali Presiden mendarat di Bandara Dr FL Tobing, Pinangsori.

Selain melengkapi fasilitas Bandara, jumlah peningkatakan penumpang di bandara FL Tobing setiap tahunnya terus meningkat. Untuk tahun 2016, jumlah penumpang sebanyak 165ribu orang. Naik dari tahun sebelumnya yang hanya 130 ribu orang.

“Jadi setiap hari jumlah penumpang yang menggunakan jasa bandara Dr FL Tobing ini sebanyak 500 orang. Dengan demikian satu bulan sebanyak 15ribu penumpang. Salah satu penyumbang meningkatnya penumpang sejak Maskapai Garuda membuka rute Jakarta-Pinangsori. 

Rute ini sangat membantu kita ditambah dengan rute penerbangan Medan-Pinangsori,”tandasnya.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017