Sipirok,9/4(Antarasumut)-Seluruh berkas soal untuk Ujian Nasional SMA/MA negeri swasta sudah disimpan untuk diamankan pihak kepolisian dikerenakan menjaga soal ujian itu agar tidak bocor.


"Seluruh soal ujian berbasis kertas dan pensil (UNKP) kini sudah berada di kantor kepolisian sektor di kecamatan dekat dengan lokasi sekolah peserta ujian,"kata Ketua MKKS, kepada Antara di Tapanuli Selatan, Minggu.


Didampingi sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolaj (MKKS) Tapanuli Selatan Ardi Hasibuan, dia mengatakan soal ujian nasional itu diamanakan untuk menjaga netralitas sekaligus mengantisipasi agar soal ujian tak bocor.


Soal-soal ujian tersebut siap didistribusikan setelah pada hari 'H' ujian langsung dijemput masing-masing kepala sekolah yang sekolahnya ikut peserta ujian nasional tahun pelajaran (TP) 2016/2017.


"Soal ujian itu dikirimkan pihak dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Sabtu dan langsung ke Polsek di kecamatan-kecamatan,"katanya.


Seluruh soal ujian nasional untuk peserta Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang telah diterima dan telah disimpan pihak kepolisian agar lebih aman yakni soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran pihan untuk jurusan IPA (fisika, kimia dan biologi) dan IPS (ekonomi,sosiologi dan geografi).


Dikatakannya peserta UNKP Tapanuli Selatan tahun 2017 ini berjumlah 1481 siswa dari 6 sekolah SMA negeri swasta dan 16 Madrasyah Aliyah.


Sementara untuk peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tapanuli Selatan berjumlah 774 siswa dari 4 sekolah SMAN 1 Sipirok, SMA Plus 2 Sipirok, SMAN 1 Batangtoru dan SMAN 1 Batang Angkola.


"Siswa siswi peserta UNBK akan menjawab soal ujian nasional yang sudah disiapkan pusat (Jakarta) dan soal itu akan dijawab secara 'online' dari komputer  yang sudah disiapkan pihak sekolah penyelenggara ujian nasional itu,"jelasnya.


Sementara itu pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Tapanuli Selatan Ahmad Ibrahim Lubis mengatakan bahwa sekolah tingkat SMA/sederajat sudah merupakan wewenang Dinas Pendidikan Provsu.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017