Medan, 6/4 (Antara) - Pemerintah Kota Medan bersama Bank Indonesia perwakilan Sumatera Utara panen bibit bawang merah di Kecamatan Marelan untuk selanjutnya dikembangkan oleh petani.

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Kamis, saat melakukan panen bibit bawang merah tersebut mengatakan program kerjasama pemkot medan dengan BI tersebut tujuannya ingin meningkatkan kesejahteraan para petani bawang serta menjadikan Kota Medan sebagai salah satu daerah penghasil bawang di Indonesia.

Ia berharap melalui panen benih bawang itu dapat meningkatkan jumlah produkvitas bawang merah sehingga para petani bawang  mampu menambah penghasilannya dan mengembangkan usaha mandiri di bidang pertanian.

"Kita harapkan benih bawang yang telah dipanen ini dapat menghasilkan lebih banyak lagi bawang merah demi tercapainya peningkatan produktivitas petani bawang merah di Medan Marelan," katanya.

Disamping itu, ia juga menyampaikanm harapan kepada petani agar jeli melihat komoditas apa yang paling menguntungkan untuk dijual, tujuannya agar para petani selalu memproleh keuntungan dalam bercocok tanam.

"Para petani jangan hanya sekedar ikut-ikutan dalam bertani, tetapi harus jeli melihat peluang komoditas yang paling menguntungkan untuk ditanam, seperti benih bawang yang kita panen hari ini, satu benih bawang itu bisa menghasilkan lima belas siung bawang merah, tentu hasil ini sangat menguntungkan bagi para petani bawang dalam meningkatkan produksinya," katanya.

Untuk itulah ia berharap agar pemibitan bawang merah tersebut dapat terus dikembangkan demi mewujudkan petani bawang yang sejahtera dan juga menjadikan Kota Medan sebagai salah satu daerah penghasil bawang di Indonesia.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkot Medan juga diminta untuk lebih maksimal memperhatikan para petani, terutama dalam hal pemenuhan bibit dan pupuk sehingga komuditas yang dihasilkan dapat terus berkembang.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017