Medan, 21/3 (Antarasumut) - Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) untuk seluruh kecamatan di Kota Medan. 

Selain untuk menggalakkan revoluisi mental berbasis keluarga untuk memabngun karakter bangsa dan identitas lokal, pencananagan Kampung KB ini dilakukan dalam upaya untuk menjadikan Medan sebagai kota yang nyaman bagi keluarga dan rumah masa depan bagi segenap masyarakatnya.

Pencanangan Kampung KB ini dilakukan Wali Kota di Jalan Mangaan I, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Selasa.

Pecanangan itu ditandai dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita untuk meresemikan Rumah Data.

Dipaparkan Wali Kota, Kampung KB ini merupakan gagasan Presiden RI yang dimaknai sebagai pembangunan nasional yang berawal dari desa, kelurahan, kampung atau juga pinggiran. Kampung KB juga dirancangkan sebagai upaya untuk mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dalam mengaktualisasikan fungsi keluarga.

Selain itu, jelas Wali Kota, program Kampung BK juga akan dijadikan sebagai upaya revitalisasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. 

“Karena itu saya mengimbau kepada seluruh jajaran Pemko Medan, kepala SKPD, camat dan lurah serta segenap mitra kerja pembangunan kota untuk ikut menyukseskan program Kampung KB ini,” himbaunya.


Sebelumnya, Plt Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan, Ir Hj Asrah FM Harahap MM, melaporkan isi pesan pada pencanangan Kampung KB ini adalah tersedianya data kependudukan yang akurat by name by adrees, sehingga bisa tergambar keadaan sosial, ekonomi, budaya dan profil wilayah serta situasi kependudukan dari berbagai aspek pada wilayah dan waktu tertentu.

Sedangkan tujuan digelarnya kegiatan ini, Asrah menjelaskan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung KB . 

“Di samping itu meningkatkan peran pemerintah maupun lembaga non pemerintah dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan,  dan keluarga berencana,” jelas Asrah

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017