Karo, Sumut, 21/3 (Antara) - Bupati Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, JR Saragih didampingi sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Selasa.

Rombongan diterima Bupati Karo, Terkelin Brahmana di ruang rapat kantor Bupati Karo bersama Plt Sekretaris Daerah, Jernih Tarigan dan pimpinan SKPD.

JR mengatakan, kunjungan kerja itu untuk menjajaki kerja sama wisata dalam mendukung program Presiden Joko Widodo mengembangkan pariwisata di kawasan Danau Toba.

"Setelah Karo, kita jajaki ke Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir dan Tapanuli Utara," kata JR.

Untuk awal, Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Karo akan melakukan naskah kesepakatan dalam merealisasikan kerja sama bidang pariwisata.

Di Kabupaten Simalungun ada pesta budaya Rondang Bintang, sedangkan di Karo dengan budaya Menjuah-juah atau pesta buah dan bunga.

"Kita upayakan dilaksanakan secara bersamaan di masing-masing tempat, sehingga wisatawan dan masyarakat setempat bisa menikmati dalam satu kunjungan," kata JR.

JR optimistis pelaksanaan pesta budaya kedua daerah itu akan memberikan dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat masing-masing.

Penggabungan pelaksanaan budaya kedua daerah dan diyakini disambut kabupaten lainnya di kawasan Danau Toba diharapkan menghidupkan kembali Pesta Danau Toba yang merupakan warisan leluhur.

Terkelin menyambut positif tawaran tersebut, dan akan menyamakan persepsi program pembangunan sebagai kabupaten bertetangga.

"Apalagi wisata Karo mengalami penurunan akibat bencana alam Gunung Sinabung yang berkepanjangan dan belum usai," kata Terkelin.

Jernih mengatakan, perlunya sinergitas RPJMD antara Simalungun dan Karo kedepan supaya menjadi satuan utuh dalam merencanakan dan melaksanakan program kerja sama.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017