Rantauprapat, 16/3 (Antarasumut) - Sudah satu tahun warga Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu menikmati kelancaran akses jalur tranportasi di dusun-dusun. 

Walaupun berupa rabat beton atau sirtu, pembangunan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat baik dari segi ekonomi maupun memperlancar aktifitas luar ruang.

Rahimin Susilo dari Badan Pemusyawaratan Desa Kampung Padang, Kamis, mengungkapkan, semenjak ada sarana dan prasarana pembangunan jalan di desanya. Warga dapat menekan harga jasa pengangkutan tandan buah sawit (TBS) Rp100/kilogramnya, sehingga uang dari hasil perkebunan itu dapat disisihkan untuk keperluan lain. 

"Peningkatan sarana dan prasarana di daerah ini sangat menyentuh masyarakat. Ada 5 pembangunan jalan. Dalam setiap 10 ton jasa pengangkutan TBS saya dapat mengirit Rp1 juta dan uangnya bisa digunakan untuk yang lain, seperti beli pakan ternak ikan. ," katanya.

Disisi lain, Rahimin beserta kelompok taninya berinisiatif  menggalakkan pertumbuhan ekonomi baru melalui budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan kolam bekas pengerukan tanah kilang batu-bata.

Kepala Desa Kampung Padang Jamri ST di kantornya Jalan Sidodadi C mengatakan, komitmen membangun Desa merupakan bagian penting dari perekonomian suatu daerah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat setempat. 

Keberadan pembangunan infrastruktur, BUMDes dan pemberdayaan adalah berkah tersendiri bagi warganya. Sesuai visi dan misi Kabupaten Labuhanbatu, dalam mempersiapkan perencanaan program pembangunan dalam satu tekad bersama sehingga menghasilkan desa-desa yang tangguh.

Secara geografis Desa Kampung Padang berada di Timur Kabupaten Labuhanbatu. Desa dengan luas 5001 hektar ini mayoritas penduduknya berpenghasilan dari hasil pertanian. 

Mereka mencoba memperbanyak ragam investasi desa diantaranya industri rumahan pembuatan batu bata dengan adanya jalur tranportasi yang aman dan nyaman dari realisasi alokasi dana desa (ADD) Rp917 juta tahun 2016.

Disisi lain, Desa yang dinobatkan sebagai desa terbaik se-Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016 ini menawarkan tertib adaministrasi, kebersihan dan gotong royong untuk menguatkan kepercayaan investasi bagi daerahnya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017