Padangsidimpuan, 9/3 (Antarasumut)- Deputi Bidang Pembiayaan melalui Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Syariah Kementerian Koperasi dan UKM RI, Masruddin, mengatakan lima kabupaten/kota diwilayah Tapanuli Bagian Selatan cukup potensial pembentukan APEX (Pengayom) Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS/KBMT).

"Kita sangat optimis pertumbuhan pembiayaan system syariah dalam pengembangan usaha mikro pola syariah di daerah tabagsel ini, apalagi wilayah mayoritas muslim dan religius," katanya di Padangsidimpuan, Kamis.

Hal itu ia smapaikan disela-sela acara bimbingan teknis pembentukan jaringan kerjasama Usaha antara KBMT/KSPPS/USPPS Koperasi dengan sekunder (Model Apex) se-Tapanuli Bagian Selatan, Sumatera Utara di Hotel Mega Permata, Kota Padangsidimpuan, Kamis.

Pada prinsifnya kegiatan ini dibangun dengan cara pemahaman presepsi dulu artinya dapat memahami pola syariah.

”Menegakkan syariah Islam itu wajib hukumnya dan kita mendorong mayarakat yang mayoritas muslim dengan membangun koperasi dengan konsep syariah,”katanya.

Bimbingan teknis pembentukan jaringan kerjasama usaha antara KBMT/KSPPS/USPPS Koperasi dengan sekunder (Model Apex) se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), yang dilaksanakan seharian penuh ini dihadiri sebanyak 50 orang peserta dari Koperasi Pola Syariah dan perwakilan pejabat yang membidangi koperasi dan UKM.

Selain Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Syariah, Masruddin menjadi Narasumber dengan membawakan materi “Ekonomi Syariah Solusi Ummat Koperasi Syariah Sejahtera dan Berkah“. 

Juga hadir Tenaga Ahli Direksi LPDB-KUMKM, Auza Djamil Hakim, SH.,MH sebagai Naras umber dengan materi yang disampaikan “Solusi Pembiayaan bagi UMKM dan Koperasi LPDB-KUMKM”. Dan Ir. Eko Dewo Yuwono dengan materi “Progres Story –Pembelajaran Pembentukan Puskorsyah (Koperasi Skunder) dan APEX PUSKOSYAH BMT Sejahtera Jawa-Tengah.”

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kota Padangsidimpuan melalui, Kabid Koperasi, Ir. Ridoan Pasaribu,M.Si, mengatakan, cukup bangga karena Kota Padangsidimpuan dipercayakan sebagai tempat dari kegiatan ini.

Tentunya ini sangat berdampak positif dan perlu ditindaklanjuti sebagai program yang dapat memberdayakan dan menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang lebih baik, baik bermanfaat untuk dunia maupun di akhirat, katanya. 

Semoga dengan acara bimbingan teknis pembentukan jaringan kerjasama usaha antara KBMT/KSPPS/USPPS Koperasi dengan sekunder (Model Apex) se-Tabagsel dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat kususnya pelaku usaha dalam mengedepankan system pembiayaan syariah.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017