Sibolga, 7/3 (Antarasumut)-Sebanyak 108 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) bekerja di wilayah Imigrasi kelas II Sibolga. Keberadaan para TKA itu dijamin tidak bermasalah karena kehadiran mereka sebagai pekerja melaui jalur yang resmi dan memiliki dokumen yang jelas.

Demikian dikatakan Kasi Pengawasan Orang Asing Kantor Imigrasi Kelas II Sibolga, Hasan, menjawab ANTARA di ruang kerjanya, Selasa sore.

Dijelaskannya, adapun wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Sibolga meliputi 12 Kabupaten/kota, diantaranya,  Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara, dan Nias Barat.

Diakuinya, keberadaan Tenaga Kerja Asing lebih dominan di wilayah Tapanuli Selatan, karena ada beberapa perusahaan yang mempekerjakan orang asing. Dan keberadaan mereka disana ada yang 3 bulan, 6 bulan sampai dengan 1 tahun.

“Jadi setiap mereka  masuk dan keluar, para TKA wajib melapor kepada kita. Dan sampai saat ini tidak ada kendala terkait izin dan dokumen mereka.

Ditanya tentang keberadaan TKA yang bekerja di PT Syno Hidro PLTA Marancar Batangtoru, Hasan menegaskan, tidak ada masalah.

“Kami baru satu minggu yang lalu turun ke lokasi bersama dengan Kapolres Tapsel, Danramil, Dinas Trasmigrasi Tapsel. Hasilnya sebanyak 31 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di sana clear dan tidak ada masalah,”tegasnya.

Dia juga menyayangkan informasi yang menyatakan banyak orang asing yang bekerja disana tidak jelas statusnya. 

Hal itu dipicu saat orang asing belanja ke pasar, lalau difoto dan disebarkan di facebook dengan tuduhan, ada orang asing yang tidak jelas keberadaannya.

“Informasi itupun cepat menyebar, sehingga masyarakat mempertanyakan hal itu. Mungkin disitulah kelemahan kita sebagai masyarakat tanpa mendapat informasi yang jelas, langsung menyebarkan berita yang tidak benar. 

Jadi kami tegaskan, bahwa keberadaan TKA yang ada di PT Syno Hidro PLTA Marancar Batangtoru legal dan jelas, dengan masa kerja mereka 1 tahun,”tandasnya.

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017