Tapanuli Selatan,14/2(Antarasumut)-Danrem 023/Kawal Samudera, Kol.Inf Donni Hutabarat menanam serentak bibit padi organik di hamparan persawahan Aek Pahu Desa Napa, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa.

Turut juga dalam tanam perdana bibit padi itu Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu, Dandim 0212/TS Letkol Inf Septa Viandi, Kapolres Tapsel AKBP Roni Samtana, Kadis Pertanian Bismark MT Siregar, pihak PT.AR, ibu ketua Persit KCK PD I BB, dan persit KCK 0212/TS.

Danrem 023/KS Kol.Inf Donni Hutabarat dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut untuk mendukung percepatan tanam padi sawah Kabupaten Tapanuli Selatan Masa Tanam Oktober 2016 - Maret 2017 khususnya di wilayah Batangtoru.

Selain itu dalam usaha mendukung program ketahanan pangan nasional upaya khusus komoditi dibidang "pajale" padi, jagung dan kedelai daerah itu, disamping mendukung swasembada pangan.

Peran serta TNI/TNI AD dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional ujarnya dinilai sudah berhasil mendukung dan mewujudkan swasembada beras utamanya di Tapsel.

"Target TNI 2017 dalam rangka upaya khusus komoditi padi akan membuka cetak sawah baru dengan luas area persawahan sekitar 500 hektare, dan 5 ribu hektare untuk komoditi jagung," kata Danrem ketika ditanya Antarasumut.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu dalam sambutannya sangat mengapresiasi kehadiran Danrem 023/KS Kol.Inf Donni Hutabarat di daerah tersebut.

"Kiranya kehadiran Danrem semakin memotivasi atau menambah semangat para kelompok tani daerah ini dalam meningkatkan produktivitas pertaniannya,"sebutnya.

Disamping menambah motivasi bagi TNI /TNI AD khususnya berada dibawah teritorial Kodim 0212/TS yang selama ini cukup tinggi perhatiannya dalam mendukung ketahanan pangan khususnya di Tapsel.

"Keberhasilan Tapsel sebagai salah satu wilayah swasembada beras di Sumut tidak lepas dari hubungan baik kita baik dengan Kodim maupun stakeholder lain di daerah ini,"terang Bupati.

Ketahanan dan swasembada pangan, jelas Bupati sudah merupakan program nasional sesuai intruksi Presiden RI Joko Widodo yang harus kita dukung bersama dengan cara meningkatkan upaya khusus komoditi dibidang padi, jagung, dan kedelai.

Pimpinan PT.Agincourt Resources Stevi Thomas juga mengungkapkan hamparan areal persawahan Aek Pahu seluas 3 hektare yang ditanami bibit padi organik tersebut merupakan binaan tambang emas Batangtoru sejak 2013.

Hadir dalam tanam perdana bibit padi organik tersebut sejumlah pejabat, Camat Batangtoru M.Yamin Batubara, para Danramil, Babinsa, unsur kepolisian, kelompok tani, pihak tambang emas Batangtoru, Tapanuli Selatan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017