Simalungun, Sumut, 17/1 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, akan menambah 12 unit pusat kesehatan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


"Untuk memudahkan warga mencapai atau menjangkau tempat unit layanan," kata Bupati Simalungun JR Saragih pada peresmian Puskemas Marubun Jaya pemekaran dari induk di Kecamatan Tanah Jawa, Selasa.


Bupati mengatakan penambahan dengan menerbitkan Peraturan Bupati tersebut mempertimbangkan letak geografis daerah yang berjauhan dan jutaan penduduk Simalungun.


Bupati berpesan kepada tenga medis memberikan pelayanan terbaik supaya masyarakat setempat bisa merasakan manfaat keberadaan puskesmas di daerahnya.


Bupati juga menyerukan warga yang memiliki lahan luas untuk menghibahkan sebagiannya guna dibangun gedung unit layanan kesehatan.


"Pemkab Simalungun siap membangun tanah tersebut untuk kepentingan pelayanan kesehatan," kata Bupati.


Kepala Dinas Kesehatan, Jan Mauresdo Purba menjelaskan, fasilitas di 12 unit layanan yang ditambah pada 2017 tersebut bersumber dari Dinas Kesehatan dan didukung puskesmas induk masing-masing.


Total puskesmas yang tersebar di 31 kecamatan ditambah penambahan tersebut menjadi 46 unit. ***4***


(T.KR-WRS/C/N002/N002) 17-01-2017 20:10:18

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017