Medan, 3/12 (AntaraSumut) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Utara terus meningkatkan konsolidasi dengan semua pemangku kepentingan di daerah itu untuk meningkatkan pembinaan atlet sehingga kedepan akan lebih banyak prestasi yang diraih.

"Konsolidasi harus terus kita tingkatkan terutama dalam pembinaan atlet, karena itu merupakan salah satu bagian dari upaya melahirkan atlet-atlet berprestasi," Kata Ketua KONI Sumut Gus Irawan di Medan, Sabtu, pada rapat kerja pengurus KONI Sumut beserta Pengprov.

Ia mengatakan, selama pelaksanaan PON lalu di Jawa Barat banyak pelajaran yang dapat dipetik baik oleh atlet, pelatih mau pun pengurus provinsi olahraga meski perolehan medali kontingen Sumut meningkat dibandingkan dengan PON sebelumnya di Riau.

"Tentunya apa yang dicapai di Jawa Barat lalu tidak lantas membuat kita berpuas diri, bagi yang berhasil pertahankan terus prestasi itu dan bagi yang belum tentunya dapat mengevaluasi demi yang lebih baik kedepannya," katanya.

Sementara Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Baharuddin Siagian mengatakan, pihaknya berharap rapat kerja kali ini dapat melahirkan masukan dan ide-ide yang terkait dengan peningkatan prestasi olahraga di daerah itu.

"Melalui rapat ini diharapkan menghasilkan program-program pembinaaan yang terukur dalam pengembangan atlet. Semoga ke depan dapat terpola pembinaan atlet dari mulai usai dini hingga dewasa," katanya.

Menurut dia, saat ini yang terpenting adalah cara dalam memberikan perhatian khusus kepada atlet, yang disebutnya sebagai patriot olahraga.

Beberapa langkah yang dilakukan untuk memperhatikan atlet Sumut saat ini sudah dijalankan, diantaranya membangun komunikasi dengan instansi-instansi tempat atlet bernaung agar memberi perhatihan secara lebih baik moril maupun materil.

"Semua atlet harus diperhatikan penghidupannya dan pendidikan. Saya juga sudah mengajak beberapa instansi untuk mendukung para atlet Sumatera Utara. Misalnya di beberapa sekolah diminta memberikan beasiswa atau apresiasi kepada atlet," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016