Batubara, 24/11 (Antarasumut) - PT Inalum (Persero) turut mengirimkan pejabatnya untuk ikuti program BUMN Mengajar yang digagas Kementerian BUMN. 

Hampir semua Deputi General Manager ke atas tampil di depan kelas menjadi guru di enam Kabupaten/kota di Sumatera Utara sebagai bagian dari Program BUMN Mengajar.

BUMN Mengajar sendiri merupakan bagian dari Program “BUMN Hadir Untuk Negeri” dalam rangka memperingati 71 tahun Kemerdekaan Indonesia lalu.

Antoni O. Galingging selaku Ketua Kordinator BUMN Mengajar regional Sumatera Utara yang juga Deputi General Manager Departemen Operasional Pembangkit Listrik PT Inalum mengatakan, program ini merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN.

Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat khususnya pelajar tentang perusahaan - perusahaan BUMN yang ada di seluruh Indonesia, manfaat perusahaan BUMN, peluang untuk bekerja di perusahaan BUMN dan sebagainya. 

Selain memberikan wawasan tentang perusahaan BUMN, para instruktur yang merupakan pejabat di PT Inalum tersebut juga memberikan motivasi. Kisah sukses dan pengalamannya selama bekerja di PT Inalum, sejak menjadi karyawan biasa sampai sekarang dapat menjadi pejabat di perusahaan peleburan aluminium pertama di asia tenggara tersebut. 

Mereka juga menanamkan nilai nilai disiplin, kejujuran dan kerja keras kepada para pelajar. 

Dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Inalum merupakan kordinator bagi seluruh BUMN di Sumatera Utara, dan khusus Program BUMN Mengajar, PT Inalum telah berkordinasi dengan seluruh BUMN yang ada di Sumut untuk membagi wilayah pelaksanaan BUMN Mengajar yang ada di 33 Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Utara. 

Dan PT Inalum dan melaksanakan di 6 kabupaten/ kota, yaitu: Batubara, Tebing Tinggi, Asahan, Humbahas, Tapanuli Utara dan Simalungun.

Adapun pejabat PT Inalum yang menjadi pengajar dalam menyukseskan Program BUMN Mengajar ini, antara lain W. Djoko Laksono (dGM, General Affairs & CSR), Firman Ashad (dGM, Carbon), Ricky Gunawan (dGM, Corporate Secretary).

Ridwan Paino (dGM, Administration PLTU), M. Rozak Hudioro (GM, Human Resources), Suryadi Munir (GM, Procurement), Darwin Saleh Siregar (Asisten Direktur Utama), Ismadi YS (dGM, Strategic Planning), Raynaldi Harahap (dGM, Reduction & Casting), Satyawarman Tarigan (dGM, Legal & Compliance). 

Muhammad Ridwan (dGM, Marketing & Sales), Nugraha M Toyib (dGM, Hospital & Welfare), Dante Sinaga (GM, Project Development), Robinson Girsang (dGM, Treasury), Antoni O. Galingging (dGM, Operation PLTU), Dwi Yantho S (dGM, Material Handling & Warehouse). 

Yohanes Sigit (dGM, Internal Audit), Ivan Emirsyam (dGM, Engineering), Benny Iskandar (dGM, Maintenance PLTU), Kusnadar D Sartonno (dGM, Internal Control).

General Manager, Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia PT Inalum, M. Rozak Hudioro saat mengajar di SMA Negeri 1 Sei Suka, Batubara memaparkan tentang peran pentingnya BUMN di Indonesia. 

Termasuk kegiatan bisnis yang dikelola dan profesi-profesi yang ada di dalamnya. 

Sejumlah 40 orang murid dari 10 sekolah se- Batubara yang mengikuti kegiatan tersebut, dimana turut hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Darwis.

“Kami sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena kami jadi lebih tahu apa itu BUMN, apa itu Inalum dan kegiatan serta manfaat apa saja yang bisa didapat dari adanya perusahaan BUMN tersebut," kata Sulistya salah satu murid SMA Negeri 1 Sei Suka yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada BUMN, khususnya PT Inalum yang telah melaksanakan kegiatan BUMN Mengajar ini. Dari kegiatan ini, banyak manfaat yang dapat kita ambil, khususnya informasi – informasi tentang BUMN yang tidak kita ketahui selama ini," timpal Darwis.

“Kami berharap kegiatan yang serupa dapat dilaksanakan lagi di tahun depan dan berlanjut terus ke tahun-tahun selanjutnya serta kalau bisa jumlah sekolah dan peserta dapat ditingkatkan lagi," tambahnya.

Selain memberikan pengetahuan, motivasi dan inspirasi, PT Inalum juga memberikan bantuan seperangkat komputer kepada sekolah yang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut.

PT Inalum bersama BUMN pendamping dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri telah melaksanakan beragam program, antara lain upacara peringatan HUT RI, Jalan Sehat 5K, penyediaan sarana air bersih, pembangunan tempat penitipan anak. 

Pembinaan mantan atlet nasional, pembinaan desa terpencil, pembinaan mantan warga binaan, elektrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik, pasar murah, Siswa Mengenal Nusantara (SMN), kegiatan lomba-lomba untuk masyarakat dan bedah rumah Veteran.

Sejatinya, program-program tersebut diharapkan makin memperkuat semangat 71 tahun Kemerdekaan Indonesia dengan melibatkan seluruh Stakeholder, yakni Pemerintah Pusat melalui Kementrian BUMN, Pemerintah Daerah, seluruh BUMN dan masyarakat.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016