Medan, 21/11 (Antarasumut) - Pustakaan Kota Medan menerima bantuan satu mobil dari Perpustakaan Nasional yang akan digunakan sebagai perpustakaan keliling dalam upaya meningkatkan minat baca siswa.


Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Senin, memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Nasional yang memberikan bantuan mobil perpustakaan keliling tersebut.


"Tentunya dengan bantuan mobil keliling tersebut, Perpustakaan Medan semakin mudah untuk menjangkau sekolah-sekolah," katanya


Ia mengatakan perpustakaan umum sebagai salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan nonformal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yang dimanatkan oleh UUD 1945.


Untuk meningkatkan kualitas pelayanan informasi dan peningkatan kulitas sumber daya manusia, Pemkot Medan berupaya meningkatkan layanan melalui perpustakaan keliling dan penyebaran infomasi perpustakaan digital.


Hal tersebut dalam upaya pemerataan layanan informasi dan bahan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil yang belum memungkinkan adanya perpustakaan permanen.


"Juga dalam upaya mengembangkan budaya baca kepada masyarakat, dan mengenalkan buku-buku serta bahan pustaka, baik cetak maupun digital lainnya kepada publik," tambahnya.


Menurut dia dalam upaya meningkatkan kulitas SDM dan menciptakan masyarakat terdidik dan terpelajar sehingga mampu mengikuti peristiwa dan perkembangan di era globalisasi, pihaknya memberikan layanan penyediaan informasi kepada masyarakat.


"Antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan umum dan perpustakaan cabang di masing-masing kelurahan dan kecamatan," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016