Panyabungan, 12/11 (Antarasumut) - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52  yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal menggelar berbagai  macam perlombaan.

“ Dalam memeriahkkan HKN ini kita menggelar berbagai macam perlombaan yang meliputi Gelar Senam Germas, lomba cerdas cermat Posyandu, lomba penyuluhan Promkes Puskesmas, Lomba penyuluhan PHBS tingkat SD, lomba gerakan cuci tangan pakai sabun tingkat TK,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Madina,  Drg Ismail Lubis, Jumat.

Peringatan HKN yang dipusatkan ditapian Sirisiri Syariah, Aek Godang, Panyabungan  ini dihadiri oleh Wakil Bupati Madina,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para kepala SKPD dilingkungan Pemkab Madina dan para bidan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Madina, HM. Jakfar Sukhairi Nasution mengajak semua warga masyarakat selalu berprilaku  hidup sehat salah satunya dengan melaksanakan

“Mari kita budidayakan hidup  bersih seperti membersihkan pekarangan rumah agar terhindar dari segala penyakit,” katanya.

Wakil menyampaikan, melalui moment HKN  ini Pemerintah Daerah akan  terus berkomitmen  untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,  untuk itu peranan dan partisipasi masyarakat juga sangat diharapkan sehingga upaya kemandirian di bidang Kesehatan tercapai.

“ Dinkes, Puskesmas dan lembaga pendidikan kesehatan harus bersinergi melakukan upaya-upaya promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif agar taraf kesehatan masyarakat dapat dicapai,”  ujar wakil.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016