Simalungun, Sumut, 28/10 (Antara) - Anggaran dana desa tahun 2016 yang diterima pemerintah Nagori (Desa) Bandar Jawa, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, secara bertahap dipergunakan untuk membangun parit pasangan di empat titik.
     Pangulu atau Kepala Desa (Kades) Nagori Bandar Jawa, Kecamatan Bandar, Kurniawan Syahputra menjelaskan, bangunan untuk aliran air di Kampung Gunung dan Kampung Jawa itu panjang totalnya mencapai 1.170 meter.
     "Kami juga membangun plat beton sepanjang 13 meter di tiga titik di Kampung Gunung," sebut Kurniawan.
     Anggaran pembangunan fisik infrastruktur itu berasal dari pencairan dana desa tahap pertama sebesar 60 persen dari total keseluruhan Rp611 juta lebih.
     Sedangkan pencairan tahap kedua direncanakan dimanfaatkan untuk lanjutan parit pasangan dan rabat beton di Kampung Kataran.
     Kurniawan berkomitmen menggunakan anggaran dana desa untuk pembangunan yang bermanfaat bagi 3.675 jiwa penduduk yang tersebar di wilayah seluas 835 hektare, sehingga kehidupan mereka bisa lebih baik lagi.
     Sinton (53 tahun), warga Kampung Jawa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo yang peduli dengan rakyatnya yang berada di desa-desa dengan memberikan uang untuk pembangunan.
     Menurut Sinton, tanpa turun tangan Pemerintah Pusat, desa-desa di Indonesia akan sulit berkembang, karena terbatasnya anggaran Pemerintah Kabupaten dan luasnya wilayah pemerintahan.
     Dia optimis pembangunan parit pasangan tersebut menjadi jalan keluar menangani permasalahan genangan air dan becek di halaman rumah warga dan jalan lintas antarkampung. ***4***

Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016