Langkat, Sumut, 16/10 (Antarasumut) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, melakukan aksi cuci tangan dan gosok gigi bersama ratusan siswa sekolah Pendidikan Anak Usia Dini setempat.

"Gerakan cuci tangan dan gosok gigi ini dinilai cukup penting karena tanpa disadari tangan dan gigi akan menjadi tempat bakteri, virus, dan kuman yang membawa bibit penyakit. Jadi, harus benar-benar bersih," kata Ketua PKK Langkat Nuraida Ngogesa Sitepu di Stabat, Minggu.

Gerakan itu dilakukan guna mengimbau kepada seluruh anak-anak di Langkat agar mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan rajin menggosok gigi setiap harinya, khususnya ketika mandi dan sebelum tidur.

"Semuanya itu arus dimulai sejak dini, karenanya, mari bersama-sama mengajarkan dan membiasakan pola hidup bersih kepada anak-anak kita," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Langkat Salam Syahputra mengatakan, cuci tangan dan gosok gigi adalah kebiasaan yang bermanfaat bagi anak-anak.

Kebiasaan tersebut merupakan salah satu cara untuk mengurangi potensi timbulnya penyakit bagi anak-anak yang masih menjadi peserta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Minimal cacing yang terdapat di kuku akan hilang dan tidak dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan karena kebiasaan mencuci tangan," katanya.

Oleh karena itu, Salam berharap anak-anak menyenangi pola hidup bersih agar kelak akan menjadi generasi Langkat yang unggul dan sehat.

Camat Binjai Mahardika Sastra Nasution mengucapkan apresiasi atas kegiatan PKK Langkat yang peduli terhadap kebersihan anak tersebut.

"Tanpa kita sadari kebiasaan yang kita tanamkan dari usia dini akan selalu melekat sampai kita dewasa, termasuk kebiasaan cuci tangan dan gosok gigi yang kita lakukan sekarang ini kepada para siswa PAUD," katanya.  

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016