Tebing Tinggi,4/10(antarasumut)- Plh. Walikota Tebing Tinggi H. Johan Samose Harahap,buka Pelatihan dan Fasilitas Uji Mandor Bidang Konstruksi Tahun 2016 senin (3/10) di RM.POndok Bagelen,diikuti 70 orang peserta yang berasal dari masing-masing Kelurahan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Balai Pelatihan Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang diwakilkan Faisal, Kepala SKPD, Camat dan Lurah Sekota Tebing Tinggi.
 
Plh. Walikota Tebing Tinggi mengatakan Tahun 2016 Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) setiap daerah dituntut meningkatkan daya saing karena perdagangan bebas barang dan jasa, investasi, tenaga kerja terampil serta aliran modal yang lebih bebas.
 
MEA akan memberi dampak negatif apabila kita kalah bersaing dengan negara lain. Produk impor akan lebih diminati apabila harga lebih murah dan kualitas yang baik dari produk lokal, hal ini juga sejalan dengan tenaga kerjanya. Apabila ini terjadi, akan banyak pengganguran,” ujarnya.
 
Plh. Walikota mengingatkan,menghadapi MEA harus dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja kita agar mampu memproduksi produk yang berkualitas, agar dapat bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.
 
MEA akan membuka peluang dan tantangan bagi semua masyarakat, tidak hanya bidang arus perdagangan barang jasa. Tenaga ahli seperti tukang bangunan umum dan tenaga pengawas bangunan (mandor) juga  dituntut memiliki keahlian yang mumpuni serta bersertifikasi.
 
H. Johan Samose Harahap mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA. “Diharapkan peserta yang mendapat sertifikasi bisa bersaing dalam maupun luar negeri, serta harus memiliki kemampuan dasar agar dapat melaksanakan proyek konstruksi berskala besar,
 
Kota Tebing Tinggi adalah salah satu dari 6 kota di Sumut yang masuk dalam buku RPJMN Tahun 2015 - 2019 yaitu optimalisasi peran 20 Kota Sedang di Indonesia.

Hal ini dikarenakan posisi dan letak strategis, Kota Tebing Tinggi dicanangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi bagi wilayah sekitarnya, untuk itu manfaatkanlah sebaik-baiknya pelatihan ini,ujarnya.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016