Medan, 16/9 (antarasumut) - PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1 mendapat penghargaan sebagai BUMN Pemberi Kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terbesar di Kota Medan dengan setoran pajak tahun 2016 sebesar Rp21,1 miliar.

Pelaksana Harian (Plh) Humas Pelindo 1, Rafika Aulia di Medan, Jumat, mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali kota Medan, Dzulmi Eldin kepada Direktur Keuangan Pelindo 1, diwakili Asisten Senior Perpajakan Pelindo 1, Maslakhodima Siregar.

Penghargaan yang diberikan ini, menurut dia, merupakan kebanggaan bagi Pelindo 1 sebagai perusahaan pembayar pajak yang baik dan benar.

"Ini tentu merupakan bukti bahwa Pelindo 1 sebagai salah satu BUMN turut memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pembangunan di Kota Medan," ujar Rafika.

Selain itu, jelasnya, dalam kegiatan operasional Pelindo 1 telah menjalankan tata kelola perusahaan (GCG) yang baik karena dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Sementara itu, Pelindo 1 memiliki wilayah operasional di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau, serta mengelola 16 cabang pelabuhan.

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Pelindo 1 mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat.

Selain itu, mempunyai pintu utama ekspor CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Kemudian, pengembangan secara rutin juga mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut.  

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016