Padangsidimpuan, 3/9 (Antarasumut)- Walikota Padangsidimpuan diwakili staf ahli Rahuddin P Harahap, SH membuka secara resmi open turneman catur Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia)i Aula MAN 2.

Staf Ahli Rahuddin tersebut mengatakan, Sabtu, Pemko Padangsidimpuan komit memberikan anggaran pembianan cabang olahraga dalam APBD setiap tahunnya. Dengan harapan muncul atlit-atlit berbakat dan potensial untuk dibina dan dilatih untuk mewakili Kota Padangsidimpuan pada even lebih tinggi.

Pemko Padangsidimpuan wajib mendorong dan menggalakkan perkembangan, kemajuan olahraga sebagai realisasi dari visi dan misi walikota yaitu menjadikan warganya sehat, maju dan sejahtera, ujarnya.

Even olahraga memeras pikiran tersebut akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut tanggal 2-4 September 2016 diikuti seratus lebih peserta mewakili enam Kabupaten/Kota se-Sumut yakni Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Panglawas Utara, Padanglawas, Sibolga dan tuan rumah Kota Padangsidimpuan.

Menariknya diantara peserta turnamen catur tersebut terdapat 11 orang pecatur perempuan dan lima diantaranya merupakan atlit catur yang tengah dipersiapkan Pengprov Percasi Sumut menghadapai PON Jawa Barat mewakili Sumut. Tidak hanya itu even tersebut juga diikuti juara I dan II catur mahasiswa se-Sumut.

Ke-lima nama atlit catur perempuan PON Sumut tersebut yang ikut ambil bagian apda even tersebut adalah Yola Yolanda, Rena Yasari Boru Tarigan, Ade R Nasution, Elisabet Singarimbun dan Giovali Chrestelta

Sementara, Ketua Penkot Percasi kota Padangsidimpuan Kompol Tongku Bosar Pane, dengan didampingi Ketua KONI Daulat Siregar, mengatakan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk merangsang, memacu dan membuktikan kemampuan pecatur yang giat berlatih selama ini.

Tambahnya, selama ini Percasi serius melakukan pembinaan terhadap 14 Cabor unggulan Kota Padangsidimpuan agar memberikan prestasi maksimal demi mengharumkana nama daerah pada setiap even yang diikuti nantinya.

Nantinya perlombaan ini memperebutkan trophy Percasi Kota Padangsidimpuan untuk Juara 1 hingga juara 5 berhak menerima tropy dan uang pembinaan. Juara 6 sampai juara 30 menerima uang pembinaan, ucapnya yang juga menjabat Wakapolres Padangsidimpuan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016