Medan, 18/8 (Antara) - Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu, SH mengatakan 818 peserta yang lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma tahun 2016 harus bebas dari pengaruh narkoba.

"Selain itu, peserta yang lulus tersebut, diwajibkan memiliki surat keterangan yang menyebutkan tidak sebagai pemakai narkoba, saat melakukan pendaftaran," kata Rektor USU Prof Dr Runtung SH melalui Humas Bisru Hafi SSos MSi di Medan, Kamis.

Hal ini, menurut dia, sesuai dengan Pengumuman Rektor USU Nomor 02/UN5.1.R/SPB/2016, khususnya pada saat verifikasi berkas.

"Panitia hanya akan menerima Surat Keterangan Bebas Narkoba yang diterbitkan atau berasal dari Rumah Sakit Pendidikan USU," kata Runtung.

Rektor mengatakan, jumlah peserta lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD)-USU hanya 818 orang, yakni 394 orang program studi kelompok IPA, dan 424 lainnya kelompok IPS.

Pengumuman tersebut, dilaksanakan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Sumatera Utara Nomor 1619/UN 5.1.R/SK/SPB/2016 tentang Pengumuman Hasil Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Seleksi SPMPD Di Lingkungan USU.

Sementara, Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati MS mengingatkan agar peserta yang dinyatakan telah diterima diwajibkan untuk mengikuti pendaftaran, dengan tata cara sebagaimana Petunjuk Pendaftaran Mahasiswa Baru USU Jalur SPMPD 2016 yang dapat dilihat pada laman USU tersebut.

Ia mengatakan, tahapan pendaftaran diawali dengan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dilakukan secara online pada tanggal 18 sampai dengan 19 Agustus 2016 melalui laman website http://uktdatareg.usu.ac.id.

Kemudian, peserta yang lulus itu akan melakukan Praregistrasi secara online, dan mengikuti Pemeriksaan Kesehatan pada tanggal 25 sampai dengan 26 Agustus di Poliklinik Rumah Sakit Pendidikan USU.

Sedangkan, Verifikasi Berkas di Gelanggang Mahasiswa USU pada pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB, tanggal yang sama, dan diakhiri dengan Pengisian KRS secara online.

Selain itu, peserta yang lulus tersebut memiliki surat keterangan bebas narkoba.

"Sesuai dengan Pengumuman Rektor USU Nomor 02/UN5.1.R/SPB/2016,khususnya pada saat verifikasi berkas nanti, panitia hanya akan menerima Surat Keterangan Bebas Narkoba yang diterbitkan atau berasal dari Rumah Sakit Pendidikan USU," kata Rektor.

Sebelumnya, ujian tertulis SPMPD- USU Tahun 2016 yang dilaksanakan 9 Agustus, diikuti 3.129 orang peserta.Angka tersebut berdasarkan jumlah peserta yang mendaftar pada laman website http://spmpd.usu.ac.id dan telah melakukan pencetakan kartu ujiannya.

Rincian peserta yang mengikuti ujian tulis tersebut terdiri dari 812 orang kelompok IPA, 1.645 IPS dan 672 orang kelompok IPC.

Jumlah calon mahasiswa baru Program Diploma USU Tahun Akademi 2016/2017 pada 14 program studi pilihan yang berada di 5 (lima) Fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara adalah sebanyak 818 orang.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016