Simalungun, 10/9 (Antarasumut) - Pemkab Simalungun melaksanakan ziarah ke Makam Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih Garingging, Rabu, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.
     Bupati Simalungun, JR Saragih didampingi Ketua DPRD, Johalim Purba, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Tiares Sirait.
     Bupati mengatakan, kegiatan ziarah dilakukan untuk menghormati para leluhur, apalagi para leluhur ini adalah pejuang.
     "Inikan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, maka sewajarnya memberi penghormatan, " kata Bupati.
     Menurut Bupati, kegiatan ziarah yang dilakukan Pemkab Simalungun juga untuk mengingat jasa-jasa para pejuang kemerdekaan dalam mempertahankan NKRI.
     "Kegiatan ini juga untuk memberikan contoh bagi anak-anak kita dalam menghargai dan menghormati pendahulu, leluhur dan orang tuanya," kata Bupati.
     Usai ziarah, Bupati dan rombongan menuju Kecamatan Panombeian Panei untuk ziarah Makam Raja Pane Tuan Bosar Sumalam Purba Dasuha.
     Ada tujuh makan raja di Simalungun, di Kecamatan Raya makam Raja Tn Rondahaim Saragih Garingging, di Kecamatan Panombeian Panei Makam Raja Pane Tn Bosar Sumalam Purba Dasuha, di Kecamatan Purba makam Raja Purba Pakpak, di Kecamatan Silimakuta makam raja Girsang, di Kecamatan Dolok Silou makam Raja Purba Tambak dan di Bengkalis Provinsi Riau makam raja Sangnaualuh Damanik.

Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016