Langkat, Sumut, 8/8 (Antara) - Sebanyak 88 anggota pramuka asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara siap diberangkatkan untuk menjadi peserta Jambore Nasional X di Cibubur guna mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan.


"Mereka sudah kita persiapkan dengan berbagai keterampilan agar nantinya bisa menghasilkan prestasi yang terbaik selama mengikuti Jambore Nasional tersebut," kata Ketua Kwartir Cabang Pramuka Langkat Indra Salahudin di Stabat, Senin.


Indra Salahuddin menjelaskan, saat ini pihaknya akan mempersiapkan berbagai program kerja yang bertujuan menghasilkan generasi muda Langkat yang terampil, bermoral, dan berjiwa mandiri melalui wadah pramuka yang dipimpinnya.


Sebab kehadiran pramuka saat ini menjadi perhatian masyarakat karena pujian yang diberikan atas tujuan gerakan pramuka yang ingin menjadikan pelajar mandiri.


"Karenanya gerakan pramuka di Langkat akan terus ditingkatkan di setiap sekolah yang ada sebagai ajang untuk mewujudkan generasi muda yang bertalenta, berkarakter, dan berakhlak," katanya.


Pada pelepasan kontingen pramuka Langkat untuk Jambore Nasional itu, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menyampaikan agar pengurus terpilih menjaga amanah tersebut sebagai ajang untuk menjadikan pelajar Langkat sebagai generasi berkarakter dan berakhlak melalui gerakan pramuka.


"Kegiatan negatif pelajar seperti bolos sekolah, terjerumus narkoba, dan tawuran akan semakin berkurang melalui gerakan pramuka. Saat ini pramuka sangat berperan dalam mendidik generasi muda untuk berkarakter baik dan mandiri," katanya.


Ia juga menyampaikan kepada seluruh pengurus dan anggota kwarting cabang pramuka Langkat agar dapat memahami dan menyadari tujuan akhir dari gerakan pramuka yakni mencetak kader-kader yang kuat secara agama, ilmu, dan moral.  

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016