Kotapinang, Sumut, 1/8 (Antara) - Sebanyak 417 calon jamaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, menjalani pemeriksaan kesehatan tahap dua di RSUD Kotapinang, Senin.

Kabid Bina Pelayanan Kesehatan, Labuhanbatu Selatan, dr. M Fernando Manik, di Kotapinang, Senin, mengatakan, pada hari pertama yang mengikuti pemeriksaan adalah jamaah asal Kecamatan Kampungrakyat.

Kecamayan Torgamba dan Kecamatan Silangkitang, sedangkan hari kedua diikuti jamaah Kecamatan Kotapinang dan Kecamatan Sungaikanan.


Selain mengecek kondisi kesehatan, para jamaah juga diberikan vaksin Meningitis dan khusus perempuan diperiksa kehamilan.


"Bila terbukti hamil, calon jamaah tidak diperbolehkan berangkat ke tanah suci, sedangkan bagi yang mengidap penyakit berbahaya akan diupayakan pengobatan dan perawatan," katanya.


Sebelumnya, seluruh calon jamaah juga telah menjalani pemeriksaan awal di Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Beberapa tes yang diwajibkan diantaranya, yakni uji urine, faeses, tes darah, rongsen kepala, dan rekam jantung.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu Selatan, Chairul Syam, mengatakan, ke-417 calon jemaah haji tersebut saat ini sudah siap untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, untuk menunaikan ibadah haji.



Mereka nantinya terbagi dalam dua kelompok terbang, yakni keloter tiga berjumlah 388 orang dan keloter 13 bergabung dengan calon jamaah haji asal Labuhanbatu Utara sebanyak 29 orang.



Seluruh jamaah sudah masuk asrama haji pada 10 Agustus 2016 dan berangkat ke tanah suci Mekkah melalui Bandara Internasional Kualanamu pada 11 Agustus 2016.



"Sejauh ini tidak ada kendala dalam proses persiapannya, beberapa hari sebelumnya seluruh jamaah juga sudah mengikuti manasik," katanya.***4***







Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016